Perangkat Bantu Pendeteksi Kerusakan Smartphone Android Jaringan 3G menggunakan Metode Forward Chaining

Lisa Kurnia, Noor Ageng Setiyanto

Sari


Telepon genggam (Handphone) yang dahulu hanya berfungsi untuk menelepon dan mengirimkan pesan sekarang berkembang menjadi telepon pintar (Smartphone). Dalam perkembangannya sekarang smartphone bukan hanya sebagai alat komunikasi namun juga berfungsi sebagai alat yang memudahkan untuk mengakses internet ataupun mempermudah dalam transaksi online kebutuhan pengguna. Namun dalam penggunaannya jika terjadi kerusakan pada Smartphone umumnya pengguna tidak bisa mengetahui secara langsung jenis kerusakannya dan lebih memilih menyerahkannya pada teknisi atau tempat reparasi telepon. Dengan latar belakang tersebut, maka pembuatan penelitian ini, penulis membangun sebuah perangkat bantu untuk mendeteksi kerusakan pada smartphone menggunakan metode forward chaining. Desain perancangan sistem pakar  menggunakan UML (Unified Modelling Language) untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak. Yang dilakukan adalah dengan membuat Use Case Diagram dengan menjelaskan yang dilakukan oleh sistem yang dibangun dan siapa yang berinteraksi dengan sistem. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan Class Diagram, diagram ini menggambarkan struktur statis dari sebuah sistem yang akan dibangun dan menjelaskan hubungan dari class-class yang ada secara logika.Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman php. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah dan membantu pengguna atau teknisi smartphone untuk mendiagosa kerusakan smartphone dalam waktu yang relatif singkat.

Kata Kunci


Smartphone; kerusakan smartphone; forward chaining; php

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Stefanus Rodrick Juraman, “Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif”, Jurnal Vol.III, No.1, 2014.

Amanda Terrena Putri, Budi Setiawan Santoso, Muhammad Huda Rabbani, Lily Wulandari, “Aplikasi Sitem Pakar Pendeteksi Kerusakan pada Smartphone”, SENTIKA, 2014.

Sutojo, Edy Mulyanto dan Vincent (2011),Kecerdasan Buatan, Yogyakarta, Andi.

A Haris Rangkuti, Septi Andryana, “Deteksi Kerusakan Notebook dengan Menggunakan Metode Sistem Pakar”, Jurnal Artificial ICT Research Center UNAS, 2009.

Mardison, Erdisna, Herricho Jeffryanto, “Penerapan Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kerusakan Handphone”, Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Vol.5, No.2, September 2012.

Dharmawan Hadi Santoso dan Harjono, “Mendiagnosa Kerusakan Handphone Menggunakan Aplikasi Sistem Pakar”, Vol. II Nomor 1, Mei 2012.

Kusrini (2006), Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta, Andi.

Anon Kuncoro Widigdo, “Dasar Pemrograman PHP”, IlmuKomputer.Com, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.9.1.2017.12-20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241