Implementasi Algoritma A Stars, Tilebase Collision Dan Fuzzy Logic Pada Game Strategy

Harso Kurniadi, Kusrini Kusrini

Sari


Implementasi algoritma A-Stars, Tilebase Collision dan Fuzzy Logic pada arsitektur dan perilaku tempur dalam game strategy menggunakan visual basic 6.0 dengan penelitian perilaku dan gambar karakter yang diambil dari game Red Alert2. Metode penelitian yang digunakanadalah Research and Development. Karena metode ini dapat membuktikan kemampuan algoritma yang digunakan dapat diterapkan pada game strategi. Kegiatan dalam  mengukur kemampuan algoritma yang diterapkan pada aplikasi game strategi, dihasilkan formulasi untuk gerak multi direction dari pengembangan formulasi algoritma Steering Behavior. Formulasi multi direction dapat membuat karakter bergerak ke segala sudut mengikuti arah target. Perilaku cerdas karakter dalam game strategi merupakan bagian dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dibangun dari beberapa algoritma yaitu A-Stars sebagai solusi untuk menentukan pathfinding, Tilebase Collision sebagai solusi untuk mendeteksi tumbukan antara objek satu dengan objek lain, dan Fuzzy Logic menjadi solusi untuk membuat strategi perang dalam game.

Kata Kunci


Game Strategy, Multi Direction, A-Stars; Tilebase Collision; Fuzzy Logic

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ratno Kustiawan,Kusrini, Hanif al Fatta.2013.PerancanganFramework Real Time Strategy Games. Yogyakarta:Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2013 (SENTIKA 2013) ISSN: 2089-9815.

Ben G. Weber, Michael Mateas,Arnav Jhala.2011.Building Human-Level AI for Real-Time Strategy Games. Association for the Advancement of Artificial Intelligence (www.aaai.org).

Siswanto,(2010). Kecerdasan Tiruan, edisi 2, Yogyakarta:Graha Ilmu.

Yonly Adrianus Benufinit, Moch. Hariadi, Supeno Mardi S. N (2015). Manuver Kelompok NPC Berbasis Boids.Yogyakarta: Seminar Nasional ke – 9: Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS)

Dandy Akhmad Rahadiansyah (2015).Kompleksitas Algoritma A* Pada Implementasi PassiveAI Untuk Game Mobile AI. Makalah IF5110 Teori Komputasi – Sem. I Tahun 2015/2016

GeethuElizebeth Mathew. (2015).Direction Based Heuristic ForPathfinding In Video Games. Elsevier (http://creativecommons.org/licenses/by-nc nd/4.0/).

Patah Herwanto, Trisna Sonjaya (2016).Rancang Bangun Game 3d “Ena Burena” Dengan Algoritma A* Dan Collision Detection Menggunakan Unity 3d Berbasis Desktop Dan Android.Jurnal Informasi Volume VIII No.1 / Februari / 2016

Bevilacqua, Fernando., “Understanding Steering Behaviors: Seek”. . 2013.

Kristo Radion Purba, Rini Nur Hasanah dan M. Azis Muslim (2013).Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Perilaku Musuh dalam Game Bertipe Action-RPG. Jurnal EECCIS Vol. 7, No. 1, Juni 2013.

Shaout, Adnan, B. King dan L. Reisner.(2006). "Real Time Game Design of Pacman using Fuzzy Logic". The International Arab Journal of Information Technology, 2006, vol. 3 no. 4. p.320

Sugiyono,(2016). Metode Penelitian Pendidikan. edisi 23, Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.9.1.2017.43-53

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241