Sistem Kendali Lampu Cerdas Pada Smarthome Berbasis Android mengunakan Metode Fuzzy Logic Control

Leo Ade Putra, Arif Rahman Hakim

Sari


Perkembangan teknologi saat ini mendorong manusia untuk terus berpikir kreatif, tidak hanya menggali penemuan-penemuan baru, tapi juga memaksimalkan kinerja sistem dan teknologi yang ada. Kombinasi teknologi perangkat keras dan perangkat lunakdapat menciptakan inovasi baru dalam membantu keseharianmanusia. Sebagai contoh, perangkat elektronik pada rumah tangga yaitu lampu pada umumnya dikendalikan secara manual. Umumnya untuk pengaturan penerangan ruangan digunakan prinsip on-off yaitu menggunakan saklar lampu yang biasanya terdapat di dinding. Jika bangunan rumah cukup luas atau lantai bertingkat penghuni akan mengalami kesulitan dan menghabiskan banyak waktu atau tenaga saat hendak menyalakan atau mematikan lampu, karena saklarnya memiliki jarak yang cukup jauh dan terpisah-pisah. Pengaturan penerangan dengan prinsip on-off hanya berdasarkan pada kondisi gelap terang ruangan, tanpa menghiraukan kontribusi dari luar seperti cahaya matahari. Hal ini sering mengakibatkan ketidaknyamanan dan ketidakefisienan penggunaan energi listrik. Oleh karena itu muncullah ide untuk menciptakan alat kendali lampu cerdas yang bisa di akses melalui smartphone dan menggunakan metode fuzzy logic control. Dengan menggunakan mikrokontroler Arduino dan fuzzy logic control dapat mengatasi masalah dalam menyalakan, mematikan, menerangkan dan meredupkan lampu rumah.

Kata Kunci


Smarthome; Fuzzy Logic Control; Smartphone; Saklar Listrik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Natsir, M. S. Laurin, and H. Rahman, “Implementasi Prototype Sistem Kendali Kunci Pintu Dengan Smartphone Android Berbasis Microcontroller Avr Atmega 328 Dan Fuzzy Logic,” vol. 2, no. 1, 2015.

I. Nurhakim, P. Harsani, M. Si, D. Ardiansyah, and M. Kom, “Model Alat Pengusir Hama Padi Berbasis Internet of Things ( Iot ),” pp. 1–2, 2015.

R. F. Sri Supatmi, Taufiq Nuzwir Nizar, “Jurnal Teknik Komputer Unikom – Komputika – Volume 3, No .2 - 2014,” J. Tek. Komput. Unikom – Komputika – Vol. 3, No.2 - 2014 Sist., vol. 3, no. 2, pp. 23–28, 2014.

B. S. N. F.D. Rumagit, J.O. Wuwung, S.R.U.A. Sompie, “Perancangan Sistem Switching 16 Lampu Secara Nirkabel Menggunakan Remote Control,” Jur. Tek. Elektro-FT, UNSRAT, vol. V, no. 5, pp. 1–5, 2015.

J. T. Elektro and F. Teknik, “Aplikasi Fuzzy Logic Untuk Pengendali Motor Dc Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Sensor Photodioda,” vol. 7, no. 2, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.1.2018.9-19

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241