Teknologi Near-Field Communication (NFC) Untuk Media Promosi

I Ketut Dedy Suryawan, G. A. I. Mirah Gressia M.

Sari


Dunia promosi di Indonesia saat ini masih sangat konvensional seperti memasang iklan di koran, memasang poster ditempat-tempat umum, menyebar flyer-flyer di jalanan, membuat baliho, dan iklan di televisi. Promosi dengan cara demikian memiliki kelemahan yaitu biaya konsumen kesulitan mendapat informasi yang lebih detail karena keterbatasan informasi yang dapat dimuat dalam media promosi konvensional, serta sifat nya yang statis dan tidak interaktif sehingga kurang menarik minat konsumen. Sebagai salah satu pemanfaatan teknologi Near Field Communication(NFC) dalam bidang promosi adalah dengan membuat Smart Poster, dimana Smart Poster yang dimaksud yaitu poster digital yang bisa diakses dengan ponsel pintar ataupun tablet yang sudah tertanam teknologi NFC. Dengan adanya akses konten secara digital maka isi dari media promosi bisa disampaikan lebih banyak, detail serta menarik karena bisa diisi dengan audio dan video.. Smart Poster dirancang dengan 2 sistem yaitu sistem berbasis web untuk mengelola data Smart Poster dan aplikasi Android Tag Writer untuk mengelola konten Smart Poster pada NFC Tag. Dengan adanya Smart Poster yang mendukung konten multimedia dapat membantu para konsumen untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dari poster tersebut serta membantu perusahaan yang melakukan promosi dengan lebih menarik dan efisien dengan memanfaatkan teknologi NFC pada ponsel

Kata Kunci


Near-Field Communication; Smart Poster

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Made Krisnanda. Penggunaan Teknologi Near Field Communication Pada Telepon Seluler Untuk Micro Payment dan Loyalty Management. Jurnal Informatika. 2011

Made Krisnanda. Penggunaan Teknologi Near Field Communication Pada Telepon Seluler Untuk Micro Payment dan Loyalty Management. Jurnal Informatika. 2011

Vedat Coskun, Kerem Ok, Busra Ozdenizci. Professional NFC Application Development for Android. England: Wrox. 2013

Zachman, John P. John Zachman's Concise Definition of the Enterprise Framework. 2008

Widodo, Herlawati. Menggunakan UML. Informatika, Bandung. 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.1.2018.20-31

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241