Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang

Andreas Aditya Christyan Putra, Hanny Haryanto, Erlin Dolphina

Sari


Perkembangan teknologi sangatlah cukup terasa bagi semua lini kehidupan tidak terkecuali dalam sektor dunia usaha perdagangan. Menjamurnya toko online merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang merubah cara pola berpikir konsumen dalam bertransaksi. Walaupun banyak muncul toko online baru setiap tahun namun faktanya banyak juga toko online yang tidak bertahan lama, karena persaingan yang sangat ketat dan salah dalam strategi pemasaran. Kesalahan dalam promosi barang harus selalu diwaspadai oleh perusahaan supaya perusahaan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya promosi yang sebenarnya barang tersebut tidak disukai konsumen. Membaca pola transaksi konsumen merupakan salah satu cara dalam menghadapi masalah ini, oleh sebab itu pemanfaatan data mining tidak bisa dianggap remeh. Dalam proses data mining, metode asosiasi dengan algoritma apriori bisa menjadi solusi dalam masalah ini, dimana cara kerja algoritma ini yaitu mencari pola keterkaitan antar barang dari data transaksi penjualan, sehingga hasil dari penelitian ini dengan batasan minimal support 10% dan confidence 70% pada 30 data transaksi diketahui bahwa keterkaitan produk 34 dengan 33 sebesar 80% dan produk 49 dengan 51 sebesar 75% serta produk 51 dengan 49 sebesar 75% sehingga hasil informasi yang dihasilkan algoritma ini dapat dimanfaatkan dalam membuat sebuah promo barang yang sesuai oleh keinginan konsumen sendiri.

Kata Kunci


Promo Barang; Toko Online; E-commerce; Data Mining; Algoritma Apriori

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Varmaat, Shelly Cashman, Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3, Jakarta, Salemba Infotek, 2007.

Siti Maryam, Penerapan E-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha, Jurnal Liquidity, vol. 2, no. 1, hlm 73-79 Januari – Juni 2013.

Agus Nursikuwagus, Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web, Jurnal SIMETRIS, vol. 7, no. 2, November 2016.

Iko Pramudiono, “Pengantar Data Mining : Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data”, https://www.academia.edu/10378211/Kuliah_Pengantar_Data_Mining_Menambang_Permata_Pengetahuan_di_Gunung_Data, diakses 28 Desember 2017.

Dewi Kartika, Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori, Pelita Informatika, vol. iv, no. 3, Agustus 2013.

Robi Yanto dan Riri Khoiriah, Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, Citec Journal, vol. 2, no. 2, Februari 2015.

Sandi Fajar Rodiyansyah, Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan, Infotech Journal, vol. 1, no 2, Oktober 2016.

Dewi Listriani, Anif Hanifa dan Fenty Eka, Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen, Jurnal Teknik Informatika, vol. 9, no. 2, Oktober 2016.

Aditya, Fitri Marisa dan Dwi Purnomo, Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM, Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no.1, Agustus 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.2.2018.90-100

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241