Pemanfaatan Database Sekolah ABC untuk Profile Matching Rekomendasi Kompetisi bagi Siswa

Agung Jasuma

Sari


Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan gencarnya pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai kegiatan. Salah satu fokus dalam era industri 4.0 adalah pemanfaatan kecerdasan buatan dalam hal menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan yang sering dilakukan. Dalam penelitian ini penulis berfokus untuk menyelesaikan masalah pada salah satu kegiatan yakni dalam hal pendidikan. Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kompetisi, dengan memanfaatkan kecerdasaan buatan serta pengembangan database untuk menangani perpindahaan dari mading manual ke suatu platform. Kecerdasan buatan yang dimaksud adalah DSS untuk memberikan rekomendasi kompetisi yang sesuai minat siswa dengan memanfaatkan data yang ada pada database sekolah. Metode yang digunakan untuk memberikan rekomendasi adalah GAP dengan mencocokan minat siswa dan informasi kompetisi yang ada pada mading. Dalam penerarapan metode GAP terdapat 4 indikator yang dijadikan acuan atau bobot, yakni kegiatan tambahan siswa, jenis buku yang dipinjam siswa, nilai sekolah yang sesuai dengan jenis mading, dan kompetisi yang pernah diikuti. Berdasarkan prototype yang dirancang dan pengujian dengan beberapa siswa, penelitian ini menghasilkan 15/20 hasil rekomendasi yang sesuai dengan minat siswa, dengan tingkat presentasi 75%.


Kata Kunci


Sekolah, Profile Matching, Siswa, Database, Rekomendasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sherly, N. (2013). Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem. Jurnal.STMIK Budidarma .

M. Himah, Fajar Suryani, 2017, Implementasi Metode Profile Matching pada Sistem Pendukung Keputusan dengan Multi Criteria Decision Making (Studi Kasus: Pemilihan Guru Berprestasi di MTs Negeri 1 Wonogiri), Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis (SENATIB), Surakarta, 4 November.

F. Intan, Nur, Rina Firliana, 2016, Implementasi Metode Profile Matching Untuk Evaluasi Potensi Akademik Penjurusan Siswa MAN 2 Kota Kediri, Jurnal Infotel, No.2, Vol.8, http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/121.

J. Agus, Fany Visella, 2017, Pemilihan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Profile Matching, Paradigma, No.2, Vol.19, https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2227.

Bety Wulan Sari, 2015, PERBANDINGAN METODE PROFILE MATCHING DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PENENTUAN JURUSAN SISWA KELAS X SMA N 2 NGAGLIK, Jurnal Ilmiah DASI, No.1, Vol.16, Hlm. 16-22, https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/224.

Kusrini. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.3.2018.162-170

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241