Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Bakat Siswa SMA Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining

Evi Dewi Sri Mulyani, Cepi Rahmat Hidayat, Tammy Chintya Ulfa

Sari


Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang manusia, dengan perkembangan dunia saat ini menuntut setiap orang untuk memiliki pendidikan setinggi mungkin. Kemudahan dalam segala aktivitas maupun pekerjaan menjadi hal yang sangat diinginkan oleh manusia, tanpa pendidikan yang baik, maka sulit untuk mendapatkan segala kemudahan tersebut. Jurusan merupakan suatu pilihan seorang pelajar yang harus disesuaikan dengan minat dan bakatnya, sehingga dalam hal ini pemilihan jurusan sangatlah penting bagi masa depan seorang pelajar yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Namun pada kenyataanya keputusan yang diambil dalam memilih jurusan seringkali menyebabkan masalah, akibat jurusan yang diambil hanya mengikuti pilihan temannya atau atas dasar paksaan dari orang tua. Sehingga menyebabkan banyaknya pelajar yang merasa tidak sesuai dengan harapan atau kemampuan dan ingin pindah jurusan saja. Untuk itu dibuatlah aplikasi sistem pakar yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam menentukan jurusan kuliahnya dan dapat membantu mengetahui kecerdasan apa yang dimiliki oleh siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar ini adalah metode Forward Chaining. Dengan adanya sistem pakar untuk menentukan jurusan berdasarkan minat dan bakat ini dapat membantu siswa dalam menentukan pilihan jurusannya dan mengetahui kecerdasan yang dimiliki tanpa harus bertemu langsung dengan psikolog.

Kata Kunci


Sistem Pakar; Minat dan Bakat; Forward Chaining

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Evi Dewi S.M, Yoga H.A, Irma N, "Aplikasi Pakar untuk mengidentifikasi Krakteristik gaya Belajar Dengan menerapkan Modalitas Vark” , Jurnal Vice Of Informatics (VOI), Vol 7 No. 1, p.1-10, Januari 2018

Dr. Widodo Budiharto, Edwin Syahrial Muchtar, Andre Giovan,” Perancangan Sistem Pakar Untuk Penentuan Jurusan Dengan Menggunakan Pendekatan Bayesian Network”, Universitas Bina Nusantara Jurusan Teknik Informatika, 2012.

Laely Hanafi, Ramadian Agus. T, Jani Kusanti, “Analisis Bidang Minat Siswa Menggunakan Sistem Pakar Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cepogo Kabupaten Boyolali”, Fakultas Teknik Elektro dan Informatika Universitas Surakarta, 2015.

Arthnisandy J.F Pondaag, Aprildy Ferdinandus, Frangky Runtu, ”Sistem Pakar Penentuan Jurusan Bagi Calon Mahasiswa Dengan Metode Forward Chaining”, E-Jurnal Sariputra, Vol. 2(3) , Oktober 2015.

Rizky Ema Wulansari, Arnita, Riska Amelia, “Perancangan Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan di Perguruan Tinggi Berdasarkan Multiplle Inteligence Menggunakan Metode Forward Chaining”, Universitas Bung Hatta Padang, 2014.

Evi Dewi S.M., Irna N. Restiani, "Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Anak (Balita) Dengan Menggunakan metode Forward Chaining”in Proc. Semnasteknomedia, 2016, paper 4.1, p. 3.4- 43.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2009, Hal. 225.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.2.2018.80-92

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241