Perancangan Aplikasi E-Discussion Pada SMA Negeri 1 Banuhampu

Sri Mayati, Supriadi Supriadi, Agus Nur Khomaruddin

Sari


Penelitian yang penulis lakukan ini dilatar belakangi oleh, dimana saat ini teknologi sangat berpengaruh untuk penunjang proses pembelajaran, sebagian besar siswa sudah sudah memiliki smarphone, tetapi dipergunakan untuk bermain game online dan sosial media yang tidak mendukung pada proses pembelajaran. Keterbatasan ruang dan waktu dalam proses belajar mengajar di sekolah, Kebiasaan siswa belajar kebut satu malam membuat siswa takut mengadapi UN, biasanya peserta didik sangat membutuhkan pendampingan secra khusus, dorongan kebutuhan itu terjadi tidak menentu, tidak terjadwal. Cara mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi diskusi secara online di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan aplikasi e-discussionyang tervalidasi dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya.

Penelitian ini merupakan Research and Development dengan lima tahapan (ADDIE) yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Pada tahap development model pengembangan Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu, Definisi persyaratan, Perancangan sistem dan perangkat lunak, Implementasi dan pengujian unit, Integrasi dan pengujian sistem, Operasi dan pemeliharaan. Uji produk yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Praktikalitas, Uji Efektifitas.

Hasil dari penelitian perancangan aplikasi e-discussion untuk digunakan digunakan oleh guru/admin dan siswa/user sebagai wadah/tempat untuk pemanfaatan ruang dan waktu. Sedangkan uji  validitas dari 4 orang expert diperoleh nila 0,91 yang dinyatakan sangat valid (berdasar perhitungan validitaas dengan formula aiken’s), sedangkan untuk uji praktikalitas dari 20 orang praktisi diperoleh nilai 91.2  yang dinyatakan sangat praktis, dan untuk uji efektifitas dari 21 orang siswa diperoleh nilai  0.95 kategori sangat tinggi yang dinyatakan sangat efektif.


Kata Kunci


Aplikasi; ADDIE; E-Dicussion; MySQL; PHP; Waterfall

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. Urmilasari, A. M. Rusli, and A. L. Irwan, “Analisis Pelayanan Perizinan di Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassar,” J. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. 1, pp. 49–60, 2013.

R. Muhammad, H. Elis, and P. Guntur, “Dan Perkembangan Nilai Siswa Berbasis Web Di Sma Negeri 8 Bandung Complaint , Permission and Student Grades Development Web-Based in 8 Senior High School of Bandung,” vol. 3, no. 3, pp. 1377–1387, 2017.

Alan Nur Aditya, Jago PHP & MySQl, Bekasi. Bekasi: Dunia Komputer, 2011.

Tatik Sutarti dan Edi Irawan, Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A. L. R, “Three coefficients for analysing Reliability and Validity of rating.,” Educ. Psychol. Meas., vol. 45, pp. 131–142, 1985.

Heri Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing, 2016.

Hamdunah, “Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola,” J. Lemma, vol. Vol. 2, no. 1, pp. 42–35, 2015.

R. Sagita, F. Azra, and M. Azhar, “Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X Sma,” J. Eksakta Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 25, 2018.

S. M. I. Andromeda, Iryani, Maward, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROLISIS GARAM BERBASIS GUIDED-INQUIRY DENGAN REPRESENTASI CHEMISTRY-TRIANGLE UNTUK SISWA SMA/MA,” Pros. Semirata, pp. 612–623, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.118-129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241