IMPLEMENTASI STAR SCHEMA DALAM PEMBANGUNANAN DATA WAREHOUSE PENJUALAN PRODUK TOUR

Evi Triandini, Muhammad Syamsu Rijal, Made Pradnyana Ambara

Abstract


Salah satu factor yang mendukung kemajuan sebuah perusahaan adalah kemampuannya untuk menganalisa pasar dengan baik. Perilaku konsumen harus mampu ditangkap dengan baik oleh perusahaan, sehingga menajerial dapat mengevaluasi dan menganalisa untuk menghasilkan kebijakan strategis. Data warehouse bisa dijadikan sebagai solusi baru untuk mengatasi permasalahan manajemen terkait dengan informasi penjualan dari waktu ke waktu. Permasalahan yang akan diselesaikan dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengimplementasikan data warehouse untuk mengelola data penjualan produk tour dalam beberapa periode? Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan aplikasi data warehouse yang mampu memberikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan untuk menentukan kebijakan strategis. Penelitian ini akan menggunakan Nine Steps Design Methodology dari Ralph Kimball untuk merancang skema data warehouse. Sedangkan skema pemodelan dimensional yang digunakan adalah Star Schema, dikarenakan kecepatannya dalam proses pemanggilan data. Penelitian telah menghasilkan sistem data warehouse penjualan produk tour yang menampilkan informasi penjualan produk tour menggunakan grafik dan dilengkapi detil data jika diperlukan untuk dilihat. Sistem juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melihat data sesuai dimensi yang diperlukan misalkan dimensi client, vendor dan category. Hal ini memudahkan manajemen untuk mengetahui sebaran penjulan produk sesuai dengan dimensi tersebutmenampilkan informasi yang diperlukan oleh manajemen.


Keywords


data warehouse; star schema; penjualan produk tour

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


F. Y. Al Irsyadi, “Implementasi Data Warehouse dan Data Mining untuk Penentuan Rencana Strategis Penjualan Batik (Studi Kasus Batik Mahkota Laweyan),” KomuniTi, vol. VI, no. 1, pp. 42–58, 2014.

D. B. P. B. Santosa and M. Priharjanto, “Analisa Data Transaksional Pada E-Commerce dengan Teknologi OLAP (On-Line Analytical Process,” in Seminar Nasional Informatika, 2011.

D. Iswanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Eksekutif Berbasis OLAP (Online Analytical processing) Pada Perusahaan Gaharu Mekar Lestari,” FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG, 2016.

R. A. Nugroho, J. Tambotoh, and T. H. J, “Aplikasi Data Warehouse untuk Analisis Penjualan Mobil Berbasis Multidimensional Modeling (MDM) dan Star Schema Desing (Studi Kasus PT. Asco Automotive),” Teknol. Informasi- Aiti, vol. 5, no. 2, pp. 101–200, 2008.

Andik Kurniawan, “Implementasi Data Warehouse Pada Sistem Pemetaan Profil Mahasiswa Studi Kasus Universitas Nusantara PGRI Kediri,” UN PGRI KEDIRI, 2016.

A. N. Mariyus, N. Purwati, and R. A. Azis, “Aplikasi Pengolahan Data Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Desa Margodadi Kab. Tulang Bawang Barat.,” J. Sist. Inf. Manaj. Basis Data, vol. 2, no. 1, pp. 15–24, 2019.

K. N. Cahyo, Martini, and E. Riana, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika.,” J. Inf. Syst. Res., vol. 1, no. 1, pp. 45–53, 2019.

W. H. DeLone and E. R. McLean, “Information systems success: the quest for the dependent variable,” Inf. Syst. Res. 3, vol. 3, no. 1, pp. 60–95, 1992.

T. Helmi, R. A. Munjin, and I. Purnamasari, “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ Kabupaten Bogor,” J. GOVERNANSI, vol. 2, no. 1, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.1.2020.23-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.