OTOMATISASI STOCK OPNAME PADA SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM

Gde Sastrawangsa, Ni Kadek Sumiari, I Gede Bagus Vedanta Maha Karuna

Sari


Stock opname adalah kegiatan pemeriksaan fisik terhadap semua buku yang terdata dalam suatu perpustakaan dengan cara membandingkan seluruh koleksi literatur yang ada pada perpustakaan saat ini dengan jumlah koleksi literatur yang tercatat pada database. Pendataan ini berguna untuk mengetahui jumlah buku yang ada dan jumlah buku yang hilang atau masih terpinjam. Senayan Library Management System (SliMS) adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan sehingga dapat memudahkan perpustakaan dalam mengelola koleksi literatur yang ada. Salah satu fitur yang ada pada SLiMS adalah dapat membantu melakukan stock opname atau inventarisasi. Proses stock opname pada SLiMS masih terbilang cukup lambat, karena prosesnya dilakukan dengan cara mengetikkan satu persatu kode buku ke dalam sistem. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat aplikasi barcode scanner pada mobile device berbasis sistem operasi Android. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Android Studio, serta dibangun web service sebagai backend untuk menghubungkan data antara aplikasi Android dengan SLiMS. Penelitian ini menghasilkan aplikasi barcode scanner berbasis Android yang dapat mempermudah dan mempercepat proses stock opname pada SLiMS.


Kata Kunci


Stock Opname; Perpustakaan; SLiMS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan. Universitas Terbuka, 2011.

M. Azwar, “Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Senayan Library Management System (SLiMS),” J. Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, vol. 1, no. 1, 2013.

D. Rahmadhani and Marlini, “Pemanfaatan Software SLiMS (Senayan Library Management System) di UPT Perpustakaan Kopertis Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau),” J. Ilmu Inf. Perpust. Dan Kearsipan, vol. 4, no. 1, 2015.

A. Nugraha and H. Wicaksono, “SLiMS Documentation,” https://slims.web.id/web/pages/docs/, 2016. [Online]. Available: https://slims.web.id/web/pages/docs/.

M. C. Wibisono, A. Noertjahyana, and A. Handojo, “Pembuatan Aplikasi Pencatatan Stock Dengan Menggunakan Barcode Pada Android,” J. INFRA, vol. 1, no. 2, 2013.

R. S. Pressman, Software Engineering: a Practitioner’s Approach. Seventh Edition. 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.1.2020.42-50

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241