DISAIN PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA DAN PASCA COVID-19

Purim Marbun

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi situasi dan kondisi pada masa covid-19 mengharuskan setiap orang melakukan kegiatan di rumah. Pemerintah telah menetapkan policy bahwa semua masyarakat stay at home, termasuk kegiatan belajar, bekerja dan beribadah pun dilakukan dari rumah. Dengan instruksi di atas implikasi bagi kegiatan pembelajaran  memerlukan disain pemnbelajan online untuk memastikan berlangsungnya pendidikan dengan baik.  Metode penelitian dalam tulisan ini ialah studi kepustakaan dengan fokus menemukan model-model disain pembelajaran yang efektif dan dapat di gunakan pada era dan pasca covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pilihan-pilihan model disain pembelajaran online kepada dosen sehingga mampu menyajikan pembelajaran secara efektif dan berkualitas.

Kata Kunci


Disain Pembelajaran Online; Model Pembelajaran; Pembelajaran Efektif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Rusdiana, M. Sulhan, I. Z. Arifin, and U. A. Kamludin, “Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19,” Karya Tulis Ilm. UIN Bandung 2020, pp. 1–10, 2020.

D. S. Tjandra, “Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21,” J. Pendidik. Agama Kristenn, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://sttikat.ac.id/e-journal/index.php/sikip.

A. B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo,” vol. 2, pp. 1–6, 2016.

W. Sanjaya, Perencanaan dan Desian Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2015.

S. Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

S. A. Makruf, “Urgensi Desain Pembelajaran Berbasis Soft Skill di Perguruan Tinggi,” Cendekia J. Educ. Soc., vol. 15, no. 2, p. 21, 2017, doi: 10.21154/cendekia.v15i2.905.

N. Y. Yohannes, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BAGI SISWA KELAS 5 SD NEGERI TOISAPU,” J. Pedagog. dan Din. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2017.

M. Yaumi, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2016.

R. Ananda, Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan, 2019.

M. K. Widowati, Sicilia Sawitri, “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Pengembangan Desain,” Teknobuga, vol. 2, no. 2, pp. 45–60, 2015.

N. Umamah, “KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN DESAIN PEMBELAJARAN IPS SD SE-EKS KOTATIF JEMBER TAHUN 2008,” Ilmu Pengetah. Sos., vol. 10 No 4, 2008.

S. Sujarwo, “Pengembangan Dosen Berkelanjutan,” Makal. Perkuliahan Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 1–20, 2005.

D. R. A. U. Khasanah, H. Pramudibyanto, and B. Widuroyekti, “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19,” J. Sinestesia, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, 2020.

M. K. Naserly, “Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut,” AKSARA PUBLIC, vol. 4 Nomor 2, no. 9, pp. 155–165, 2020, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

K. Arizona, Z. Abidin, and R. Rumansyah, “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 64–70, 2020, doi: 10.29303/JIPP.V5I1.111.

H. I. O. Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi, Yulias Prihatmoko, Nunung Nindigraha, Yerry Soepriyanto, Henny Indreswari, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI ERA DAN PASCA PANDEMI COVID-19. Malang: CV Seribu Bintang, 2020.

I. Cahyani, “Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia,” Sosiohumanika J. Pendidik. sains Sos. dan Kemanus., vol. 3, no. 2, pp. 175–192, 2010, [Online]. Available: http://mindamas-journals.com/index.php/sosiohumanika/article/view/411.

B. P. I. Mutia Imtihana, F. Putut Martin, H.B, “PENGEMBANGAN BUKLET BERBASIS PENELITIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKINGAN DI SMA,” Unnes J. Biol. Educ. Model Guid., vol. 3, no. 2, pp. 186–192, 2014.

Y. Sunaryo, “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya,” Program Pascasarjana Universitas Terbuka, 2013.

N. U. R. Hidayati, “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TENTANG PERUBAHAN Abstrak,” vol. XVI, no. April, pp. 25–34, 2020.

S. Sungkono, “Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran,” pp. 1–16, 2012.

E. RUSYANI, “DESAIN PEMBELAJARAN,” pp. 1–14, 2012, doi: 10.1007/978-1-4614-7990-1.

I. G. L. A. K. Putra, I. D. K. Tastra, and I. I. W. Suwatra, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat,” J. Edutech Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2014.

E. Mulyatiningsih, “Pengembangan Model Pembelajaran,” pp. 1–7, 2016.

“Assure sebagai sebuah model Desain Pembelajaran,” pp. 1–9, 2005.

F. Kurniawati, “PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH MODEL ASSURE DALAM PEMILIHAN MEDIA MATA PELAJARAN IPA OLEH GURU SD NEGERI KELAS RENDAH SE-KECAMATAN SEYEGAN,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

A. Nuraeni, “PENGGUNAAN MODEL BLENDID POE2WE BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA.” 2020.

N. Diana Rhifa, “IMPLEMENTASI MODEL POE2WE DALAM LKS MATERI ELASTISITAS BAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA,” pp. 1–7, 2020.

N. Nana and E. Surahman, “Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. SNFA (Seminar Nas. Fis. dan Apl., pp. 82–90, 2019, doi: 10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35915.

A. A. Muhammad, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG,” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 2019.

Z. A. Hijratullisa, Mustangin, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN,” vol. 13, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241