Analisis TAM TerhadapFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah MenggunakanLayanan Internet Banking BCA

Ana Fitriana

Sari


Kemajuan teknologi berdampak terhadap semua industri, termasuk industri perbankan yang saat inibisa memfasilitasi kegiatan perbankan nasabahdengan fitur internet banking. Demikian pula halnya yang dilakukan oleh bank BCA.Dengan menggunakan internet banking nasabah bisa memperoleh beberapa keuntungan yaitu layanan perbankan yang cepat, aman, murah,tersedia setiap saat dan dapat diakses dari mana saja.Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking oleh penggunanya dan dapat menjadi masukan bagi pihak manajemen bank untuk mengevaluasi penggunaan internet banking. Kuesioner dibatasi pada nasabah bank BCA dan sebagai pengguna
internet banking BCA yang berada di Pontianak. Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial ketiga faktor Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Credibilityterbuktimempengaruhi minat nasabah bank BCA untukmenggunakan internet banking.Dengan faktor perceived ease of use sebagai faktor penarik minat utama nasabah untuk memanfaatkan fasilitas internet banking.Faktor yang menempati urutan kedua adalah faktor perceived credibility (keamanan). Sedangkan faktor manfaat baru dirasakan oleh nasabah jika fitur internet banking BCA semakin mempermudah transaksi perbankan mereka dan juga adanya jaminan keamanan selama bertransaksi menggunakan internet banking.Dan secara simultan ketiga faktor tersebut juga memiliki pengaruh yang positif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking bank BCA.


Kata Kunci


behavioral intention, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived credibility

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia,2015,Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia, Penerbit: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Jakarta

Chan, S.C. and Lu, M., 2004. Understanding internet banking adoption and use behavior: A Hong Kong perspective. Journal of Global Information Management ( online journal from Proquest ), Vol. 12, Iss. 3, pg.21.http://proquest.umi.com/pqdweb?did=642433151&Fmt=4&clientId=46969&RQT=309 & VName=PQD (2005, 11 April)

Budi rahardjo, 2001, Keamanan Sistem Informasi Berbasis Intenet Banking, PT. Insan Indonesia, PT. INDOCISC

www.bca.co.id

Wang, Y.S., Wang, Y.M., Lin, H.H., and Tang, T.I., 2003. Determinants of user acceptance of internet banking: An empirical study. International Journal of Service Industry Management (online journal from Proquest), Vol.14, Iss.5, pg. 501.http://proquest.umi. com/pqdweb?did=516537391&Fmt=4&clientId=46969&RQT=309&VName=PQD (2005, 4 April).

Kamel, S. and Hassan, A. (2003). Assessing the introduction of electronic banking in Egyptusing the technology acceptance model.Annals of Cases on Information Technology

(online journal from Proquest), Vol. 5, pg. 1.http://proquest.umi.com/pqdweb?did=434391311&Fmt=4&clientId=46969&RQT=309&V

Nme=PQD (2005, 11 April)

Kleijnen, M., Wetzels, M., and Ruyter, K.D., 2004. Consumer acceptance of wireless

finance.Journal of Financial Services Marketing (online journal from Proquest), Vol. 8, Iss.3,

pg. 206.ttp://proquest.umi.com/pqdweb?did =622061641&sid=1&Fmt=4&clientId=46969

&RQT=309&VName=PQD (2005, 23 Juni)

Maharsi, Sri, Mei 2007:18-28, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM), Jurnal Akuntansi dan Keuangan , vol. 9, No1.

Istiarni dan Hadiprajitno, 2014, Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening, diponegoro journal of accounting, vol. 03 Nomor 02, ISSN (Online): 2337-3806

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung

Simamora, Bilson, 2004, Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ghozali, Imam, 2005, AplikasiMultivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Davis, F.D., 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.MS Quarterly (online), Vol. 13 Iss.3, pg. 318.http://www.cba.hawaii.edu/chismar/ITM704/DavisTAM 1989.pdf (2005, 20 Juli).

Sulistiowati, 2005, Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bank KALBAR di Kota Pontianak, Universitas Padjadjaran Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.7.3.2015.135-144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241