KEUNTUNGAN PENGGUNAAN EXTERNAL FUNCTION PADA DATABASE POSTGRESQL

Nahrun Hartono

Sari


Database merupakan pusat data bagi sebuah sistem informasi, telah banyak aplikasi sistem database yang beredar baik yang berbayar maupun yang gratis. PostgreSQL merupakan salah satu sistem database yang gratis dan memiliki fitur fitur yang handal, salah satu fitur yang membedakan PostgreSQL dengan sistem basisdata yang lainnya adalah adanya fitur pembuatan Function, dimana pengguna dapat mendefinisikan sendiri Function-nya dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dapat dipanggil kembali untuk dieksekusi. Pada peneletian ini penulis mencoba melakukan pengujian penambahan data dengan menggunakan perintah INSERT dan perintah External Function yang dibuat sendiri pada terminal/command prompt dan web browser. Dari hasi uji coba yang dilakukan, dihasilkan rata rata waktu proses penambahan data pada terminal/command prompt dengan menggunakan perintah INSERT adalah 185.293 ms dan rata rata waktu proses external function adalah 129.52 ms, sedangkan rata rata waktu proses penambahan data pada web browser dengan menggunakan perintah INSERT adalah 168,363 ms dan external function adalah 145,64 ms . Kedua perintah tersebut terdapat perbedaan dalam penulisan perintah, namun external function merupakan perintah yang didefinisikan secara mandiri oleh pengguna hal ini memungkinkan pengguna untuk menentukan bentuk perintah sesuai yang diinginkan pengguna.


Kata Kunci


INSERT;External Function; PostgreSQL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Raharjo, S. 2013. Integrity Constraint Basis Data Relasional dengan Menggunakan PL/PGSQL dan CHECK Constraint, SEMNAS Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Raharjo, S., Sutanta, E., dan Utami, E. 2007. Analisi Aspek Aspek Kualitas Schema database (Studi Kasus pada Database Akademik Ista Yogyakarta). Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007).

Utami, E., dan Raharjo, S. 2006, RDBMS dengan PostgreSQL di GNU/Linux, Andi Offset, Yogyakarta.

Utami, E. 2014, The Advantages of Using CHECK Constraints in The Academic Database Table, Journal Of Software, Vol. 9 No. 2, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

The PostgreSQL Global Development Group, PostgreSQL 9.3.4 Documentation, 2014.

W. Gilmore, Beginning PHP and MySQL: From Novice to Professional, ser. Aprespod Series. Apres, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.7.1.2015.39-47

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241