Analisa Perancangan Model Customer Relationship Management Pada STMIK STIKOM Bali

Ni Wayan Deriani

Sari


Keunggulan sebuah organisasi terlihat dari kemampuan organisasi tersebut bersaing di dunia usaha yang kian hari semakin banyak persaingan. Persaingan tersebut hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin guna mempertahankan customer dengan memberikan pelayanan yang terbaik.salah satu cara dalam memberikan pelayanan yang terbaik adalah dengan penyedian sarana berupa sistem informasi yang menyeluruh dan terintegrasi. CRM adalah sebuah sistem terintegerasi yang sangat bermanfaat baik dari pihak organisasi dan tentunya untuk customer.Dalam penelitian ini dilakukan analisa perancangan model CRM dengan pendekatan Zachman frameworkdari persfektif Planner dan owner. Analisa perancangan menggunakan DFD, ERD dan konseptual database. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah berupa perancangan model sistem Customer Relationship Management sebagai acuan para pengelola dalam pengembangan sistem yang terintegrasi dimasa yang akan datang.


Kata Kunci


Perancangan; Zachman Framework; CRM; Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan Adi,2008, Konsep dan Alikasi Sistem Informasi, Penerbit Andi,Yogyakarta.

Hamidin, Dini, 2008, Model Customer Relationship Management (CRM) pada Institusi Pendidikan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008), Yogyakarta, 21 Juni 2008.

Wirawan,A Raharja , 2003, Penerapan Customer Relationship Management Di Dalam Perusahaan Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen, Vol. 2 No. 2.

Aryani, Dwi dan Febrina Rosita, (Mei-Agustus 2010) pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, jurnal ilmu administrasi dan organisasi,No 2 Vol , hlm 114-126.

Lesmana,Andi ,2011, Analisa Kepuasan Nasabah Tehadap Pelayanan Bank Mandiri Tbk di Bagian Retail dan Consumer Risk Group, Universitas Gunadarma,

Kalalo,Rinny E ,2013, Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan engaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Matahari Dept. Store,Jurnal EMBA 1553, Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 1553-1561.

Carissa, Anatasha Onna , Achmad Fauzi, Srikandi Kumadji, 2014,Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang) , Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 15 No. 1 Oktober 2014, Hal 1-11.

Utami,Ema , Abas Ali, 2013, PangeraPenerapan zachman framework dalam merancang sistem pelaporan kerusakan komputer, Andika Agus Slameto, , Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 19 Januari 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.8.2.2016.73-85

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241