ANALISA DATA MINING DALAM PENJUALAN SPAREPART MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : DI PT. IDK 1 MEDAN)

Khairul Ummi

Sari


PT. IDK 1 adalah salah satu kantor cabang dealer mobil honda yang menjual berbagai tipe varian mobil honda matic maupun manual dan suku cadang sepeda motor. Setiap penjualan atau barang yang terjual akan dilakukan penginputan secara database secara langsung yang terhubung langsung dengan kantor pusat. Akan tetapi PT. IDK 1 tidak mengetahui pasangan barang suku cadang yang sering dibeli secara bersamaan. Saat stok suku cadang yang jumlahnya tinggal sedikit, kantor hanya meminta kiriman stok suku cadang tersebut dari kantor pusat tanpa mengetahui suku cadang yang lain yang jika suku cadang tersebut dibeli maka suku cadang yang lain juga dibeli. Hal itu dinilai mempersulit saat penyetokan barang karena banyaknya jenis dari suku cadang mobil. Teknik Data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan algoritma A-Priori untuk mendapatkan informasi tentang asosiasi antar produk dari suatu database transaksi. Data transaksi penjualan suku cadang mobil honda di PT. IDK 1 dapat diolah kembali menggunakan aplikasi Data mining sehingga menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset penjualan suku cadang sehingga bisa memberi rekomendasi penyetokan barang dan mempermudah dalam penataan atau penempatan barang yang kuat berkaitan saling ketergantungan.

Kata Kunci


PT. IDK 1; transaksi penjualan suku cadang; data mining; Algoritma A-Priori

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ranjan,J., 2007, Aplication of Data Mining Technique in Pharmaceutical Industry, Journal of Theoritical and Applied Information Technology, Vol.3, hal 61-67.

Turban, E., 2005, Decision Suport System and intelligent System, Andi Offset, Yogyakarta.

Dewi K. Pane, 2013.Jurnal : Implementasi Data Mining Pada Penjualan ProdukElektronik Dengan Algoritma Apriori(Studi Kasus : Kreditplus).




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.8.3.2016.155-164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241