PENERAPAN SISTEM VALIDASI JURNAL DI PESSTA+ SEBAGAI PENILAIAN ARTIKEL ILMIAH DALAM MENDUKUNG KEGIATAN CIVITAS AKADEMIKA

Indri Handayani, Qurotul Aini, Fanni Oktaviani

Sari


Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat dari dulu hingga sekarang membuat pola berpikir manusia akan kebutuhan  informasi yang diinginkan dapat diakses dengan mudah, cepat, dan akurat. PESSTA (Penilaian Sidang Skripsi dan Tugas Akhir) adalah sebuah sistem pelayanan kampus yang ditujukan bagi dewan penguji dalam menyusun alur pelaksanaan sidang, peserta sidang maupun penonton sidang dalam pelaksanaan sidang skripsi dan tugas akhir pada Perguruan Tinggi Raharja. Untuk sistem PESSTA ini belum bisa secara otomatis mengakses poin validasi jurnal dan juga belum diberlakukan SK (Surat Keputusan) yang menentukan jurnal yang diakui dan tidak diakui di Perguruan Tinggi Raharja. Maka dari itu penulis melakukan metode pengumpulan data dan rumusan masalah yang sering terjadi saat ini. Hasil akhir penelitian ini adalah menggunakan sebuah sistem baru yang bernama PESSTA+ (Penilaian Sidang Skripsi dan Tugas Akhir Plus) yang saat ini sedang dalam tahap pembuatan. Dalam implementasinya terdapat beberapa poin salah satunya adalah validasi jurnal. Dengan adanya sistem ini diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah melakukan validasi jurnal dan mendapatkan nilai yang valid sebagai salah satu syarat kelulusan pada Perguruan Tinggi Raharja.

Kata Kunci


Sidang; Penilaian Objektif; PESSTA+; Validasi Jurnal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitriani Laila Nur 2013. Pengaruh SK MENPAN Nomor 132/Kep/M.Pan/12/2002 Tentang Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya Terhadap Produktivitas Karya Ilmiah Pustakawan Universitas Diponegoro. Semarang.

Perguruan Tinggi Raharja (diakses pada 21 Maret 2016) “Pengantar Raharja” tersedia di http://raharja.ac.id/acid/tentangraharja/pengantar_raharja.

Wahyani. 2013. Pengembangan Koleksi Jurnal (Studi Kasus Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Yogyakarta.

Rahardja Untung, Augury El Rayeb, Heriyanto. 2010. Pengolahan Jurnal Elektronik Dengan Online Jurnal System. Perguruan Tinggi Raharja Tangerang,

Ramawati Yuliana. 2013. Pengelolaan Jurnal Menggunakan Perangkat Lunak Open Journal Systems (OJS) Di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta.

Hariadi Selamet. 2010. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Sidang Skripsi Menggunakan Metode Object Oriented. Malang.

Susiati Anastasia Tri. 2011. Pemanfaatan Jurnal Elektronik Di Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Park Namgyoo K, Chun Monica Youngshin, and Lee Jinju. 2016. Revisiting Individual Creativity Assessment: Triangulation in Subjective and Objective Assessment Methods. Seoul National University, Seoul, South Korea.

Leung, Tak Arthur Wing, 2014. Student-Teacher Driven Multiple-Choice System (STDMC), an alternative objective assessment tool




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.8.3.2016.177-190

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Kantor Redaksi CSRID. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241