MEMBANGUN SISTEM INFORMASI KEGIATAN KESISWAAN BERBASIS WEB DENGAN PEMANFAATAN JQUERY

Sri Rahayu, Augury El Rayeb, Daniel Aditya Wibowo

Sari


Untuk mendukung program pemerintah di bidang pendidikan dan menghasilkan generasi muda yang berkualitas serta sistem pendidikan yang berkualitas, perlu ada suatu sistem informasi kegiatan mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk mengarahkan dan membimbing kedisiplinan siswa dalam menyalurkan bakat yang dimiliki sehingga membuahkan sumber daya manusia yang berkualitas. Karena Sistem yang selama ini digunakan masih sederhana, hanya menggunakan
pembukuan biasa, maka sering terjadi kehilangan data, kesalahan informasi mengenai kesiswaan, kemudian kesalahan dalam pencatatan atau pengelolaan data siswa. Hal ini dapat merugikan pihak sekolah maupun siswa/i, karena sistem kegiatan kesiswaan belum mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Melalui penelitian yang dilakukan dengan proses observasi dan wawancara langsung dengan pihak stakeholder, serta mempelajari berbagai pustaka pendukung terbangunnya sistem ini, maka dibentuklah Sistem Kegiatan Kesiswaan Berbasis Web, menggunakan MySQL untuk pengolahan database, dan memanfaatkan JQuery agar web tampil lebih interaktif. Dengan Sistem kegiatan kesiswaan yang terkomputerisasi dengan baik, akan memberikan kemudahan dalam penyajian data siswa dan untuk memperoleh data-data yang diperlukan. Baik orangtua, siswa, bahkan pihak sekolah sendiri akan merasakan manfaatnya. Sistem ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam mendukung dan meningkatkan kinerja kegiatan operasional sekolah.


Kata Kunci


istem informasi, Web, jquery, Kegiatan Kesiswaan, Basis data

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muiz, A., 2014,Pengembangan Mobile Learning Berbasis Jquery Mobile Untuk Mata Kuliah Fotografi Pembelajaran Di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, Vol.2,No.1.

Budi R.,2010,Modul Pemrograman Web, Penerbit Modula : Bandung.

Rahayu S.,2013,Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Kuesioner Dosen Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi,JUSITI Jurnal.

Edhy,S., 2011,Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Usada, E., Yuniarsyah, Y., & Rifani, N.,2012, Rancang Bangun Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Jquery Mobile Dengan Menggunakan PHP Dan MySQL. Jurnal Infotel-Jurnal Informatika, Telekomunikasi dan Elektronika,Vol.4,No.2.

Sari, W. E., Sholeh, M., & Hamzah, A.,2013,Penerapan jQuery Mobile dan PHP Data Object Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Tempat Ibadah di Yogyakarta. Jurnal Script,Vol.1,No.1.

Widodo Prabowo Pudjo,2011, Menggunakan UML, Penerbit Informatika : Bandung.

W. Sigit, Aloysius. 2011,Website Super Canggih dengan Plugin JQuery Terbaik,Mediakita : Jakarta Selatan.

Warman, I., & Zahni, A.,2013, Rekayasa Web Untuk Pemesanan Handphone Berbasis JQuery Pada Permata Cell. Jurnal Momentum,Bol.15,No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.7.2.2015.79-90

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241