Sistem Pakar Penelusuran Bakteri Chlamydia Trachomatis Menggunakan Forward Chaining

Khairani Puspita, Andi Sanjaya, Khairul Ummi

Sari


Sistem pakar ini diterapkan untuk mendiagnosa penyakit yang diakibat bakteri Chlamydia Trachomatis. Sistem pakar ini menggunakan mesin inferensi runut maju (Forward Chaining). Penalaran dilakukan berdasarkan dari gejala-gejala baik yang tampak secara fisik terhadap pasien. Dari gejala-gejala tersebut kemudian dibuat rule-rule yang akan diterapkan ke dalam mesin inferensi untuk mengetahui penyakit apa yang dialami oleh pasien. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem pakar dapat dipergunakan sebagai suatu media yang dapat memberikan informasi dan konsultasi tentang bakteri Chlamydia Trachomatis, dan cara menghindarinya. Sistem pakar ini dapat digunakan untuk mempercepat pencarian dan pengaksesan terhadap pengetahuan oleh orang-orang yang membutuhkan informasi.


Kata Kunci


Sistem Pakar;Basis Pengetahuan;Forward Chaining;Database;Bakteri Chlamydia Trachomatis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Romeo Mark A. Mateo and Jaewan Lee , 2008 , Healthcare Expert System based on Group Cooperation Model. International Journal of Software Engineering and Its Application Vol. 2, No. 1.

Dokter Sehat, Seputar Chlamydia Pencegahan dan Pengobatannya, http://doktersehat.com/seputar-chlamydia-pencegahan-dan-pengobatannya/, Tanggal akses 10 Agustus 2014.

Muhammad Arhami, 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Edisi 1, Andi, Yogyakarta.

Siswanto, 2010, Kecerdasan Tiruan, Edisi 2, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Shrestha A, Adhika N, Shah Y, Poudel P, Acharya B, Pandey BD, 2013, Chlamydia Trachomatis detection in HIV infected patients using polymerase chain reaction, Int J Infect

Microbiol 2013; 2(1);12 – 16

Henning, D., Ryan, A., Sanci, L., & Dunning, T. (2007). Screening for Chlamydia trachomatis: barriers for homeless young people. Australian journal of advanced nursing, 24(3), hal 8-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.7.2.2015.124-134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241