Implementasi Business Intelligence Menggunakan Highchart pada Sistem Penilaian Absensi berbasis YII Framework

Untung Rahardja, Qurotul Aini, Alfiah Khoirunisa

Sari


Informasi absensi yang dilakukan mahasiswa saat ini dapat dengan mudah diakses oleh dosen pembimbing. Namun, ada 3 (tiga) kesulitan yang dihadapi oleh dosen pembimbing, salah satunya yaitu menyajikan informasi dengan tabel membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian yang sangat tinggi untuk mengukur perbandingan suatu informasi yang ada di dalamnya. Guna memudahkan dosen pembimbing dalam melakukan pencatatan dan pengukuran absensi mahasiswa bimbingan belajar yang ditangani, sistem PenA (Penilaian Absensi) akan menyajikan informasi berupa grafik dengan menggunakan Highchart. Penyajian informasi berupa grafik pada PenA (Penilaian Absensi) akan menyajikan informasi berupa Nim (Nomor Induk Mahasiswa), dosen pembimbing, dan waktu bimbingan. Informasi waktu bimbingan yang ada di dalam grafik dapat dijadikan perbandingan untuk mengukur tingkat aktivitas mahasiswa dalam mengikuti bimbingan. Sistem PenA (Penilaian Absensi) menggunakan website berbasis YII Framework karena ringan juga mudah untuk melakukan pengembangan aplikasi web dan YII Framework memiliki tingkat keamanan yang bagus. Dalam penelitian ini, terdapat 5 (lima) keuntungan dan 1 (satu) kekurangan pada sistem PenA (Penilaian Absensi). Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar sistem PenA (Penilaian Absensi) dapat meningkatkan mutu absensi mahasiswa dalam proses bimbingan belajar pada Perguruan Tinggi Raharja.


Kata Kunci


Highchart; Business Intelligence; Attendance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. Highchart Panduan Singkat. Retrieved from http://www.w3ii.com/id/highcharts/highcharts_quick_guide.html. (Diakses pada tanggal 18 Oktober 2017)

Fitriasari, N.S., 2008. Perancangan Sistem Informasi Business Intelegence Lulusan Dengan Menerapkan Metode OLAP. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Rahardja, U., Aini, Q. and Enay, N., 2017. Optimalisasi Dashboard pada Sistem Penilaian Sebagai Media Informasi di Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 7(2), pp.167-176.

Aini, Q., Graha, Y.I. and Zuliana, S.R., 2017. Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. SISFOTENIKA, 7(2), pp.207-218.

Rahardja, U., Pratama, D. and Susanti, E., IMPLEMENTASI VIEWBOARD DALAM MENDUKUNG PENYEBARAN INFORMASI DENGAN PENYAJIAN ARTIFICIAL INFORMATICS PADA PERGURUAN TINGGI.

Rahardja, U., Sholeh, O. and Nursetianingsih, F., 2015. PENGGUNAAN DASHBOARD UNTUK MENGONTROL KINERJA ABSENSI PEGAWAI GUNA MENINGKATKAN PROFESIONALISME PEGAWAI PADA PT. SINARMAS LAND PROPERTY. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1).

Husni, Z.N. and Mukhlash, I., 2014. Implementasi Business Intelligence Pada Manajemen Report Bank XYZ. Jurnal Sains dan Seni ITS, 3(2), pp.A16 A21.

Shoewu, O. and Idowu, O.A., 2012. Development of attendance management system using biometrics. The Pacific Journal of Science and Technology, 13(1), pp.300-307.

Handayani, I., Aini, Q. and Oktaviani, F., 2016. PENERAPAN SISTEM VALIDASI JURNAL DI PESSTA+ SEBAGAI PENILAIAN ARTIKEL ILMIAH DALAM MENDUKUNG KEGIATAN CIVITAS AKADEMIKA. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 8(3), pp.177-190.

Rahardja, U., Fadillah, I. and Lestari, W., 2017, August. PENGGUNAAN SYSTEM SINGLE SIGN ON (SSO) DALAM MENDUKUNG KEMAJUANPADA FORUM RHJFOX DI PERGURUAN TINGGI RAHARJA. In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 5, No. 1).

Rahayu, S., Yusup, M. and Dewi, S.P., PERANCANGAN APLIKASI ABSENSI PESERTA BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII.

Rahardja, U., Handayani, I. and Setiani, L., 2017. Viewboard Sebagai Laporan Jumlah Keseluruhan Artikel Pada iLearning Raharja Ask and News. CogITo Smart Journal, 3(1), pp.42-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.9.2.2017.96-105

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241