ANALISA FUNGSI HASH DALAM ENKRIPSI IDEA UNTUK KEAMANAN RECORD INFORMASI

Ramen Antonov Purba

Sari


ABSTRAK

Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi maupun pribadi. Apalagi kalau data tersebut berada dalam suatu jaringan komputer yang terhubung/terkoneksi dengan jaringan publik misalnya internet. Tentu saja data yang sangat penting tersebut dilihat atau dibajak oleh orang yang tidak berwenang. Sebab jika hal ini sampai terjadi kemungkinan data kita akan rusak bahkan bisa hilang yang akan menimbulkan kerugian material yang besar. Pada tulisan ini akan dibahas sistem keamanan pengiriman pesan/data dengan menggunakan penyandian yang bertujuan untuk menjaga karahasiaan suatu pesan dari akses orang-orang yang tidak berwenang/ berhak. Karena sistem keamanan pengiriman ini sangat luas cakupannya maka pada bagian ini dibatasi hanya menguraikan Kriptografi menggunakan Algoritma IDEA dan fungsi hash yang meliputi proses enkripsi, dekripsi. International Data Encryption Algorithm (IDEA) adalah metode enkripsi yang dapat diandalkan diantara metode-metode lain yang ada saat ini. Kriptografi IDEA menggunakan key 128-bit dan block plaintext 64-bit sehingga record yang dienkripsi cukup aman.Dengan menggabungkan metode enkripsi IDEA (International Data
Encryption Algorithm) untuk mengenkripsi isi pesan/data dan fungsi hash untuk mengetahui adanya perubahan terhadap isi pesan/data diharapkan tingkat keamanan menjadi lebih baik. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah perangkat lunak yang mampu melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap pesan/data, men-generate security key berdasarkan pesan/data yang dienkripsi.


Kata Kunci


Enkripsi IDEA, Fungsi Hash, Keamanan Data

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyus, Dony. “Kriptografi Keamanan Data Dan Komunikasi”. Edisi Pertama. Yogyakarta. Graha Ilmu. 2005.

Stallings,William. “Cryptography and Network Security Principles and Practices”. Fourth Edition. Prentice Hall. 2005.

Egie Wendra Apriliawan. “Fungsi Hash Pada Kriptografi”. Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jl. Setiabudhi No.229 Bandung Indonesia. E-mail: egiewendra@gmail.com

Radius Indrawan, Justinus Andjarwirawan, Gregorius S. Budhi. “Fungsi Hash SNEFRU dan Metode Enkripsi IDEA Untuk Keamanan Dokumen Elektronik”. Dosen Fakultas Teknologi

Industri. Jurusan Teknik Informatika. Universitas Kristen Petra. Email: greg@petra.ac.id.

Rezza Mahyudin – NIM : 13505055. “Algoritma Message Digest 5 (MD5) Dalam Aplikasi Kriptografi”. Program Studi Teknik Informatika. Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10, Bandung E-mail : if15055@students.if.itb.ac.id.

Tiffany Adriana – NIM 13505068. “Kriptografi Dan Pemanfaatannya Pada Rsa Dan Md5”. Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10, Bandung. E-mail : if15068@students.if.itb.ac.id

Sibghatullah Mujaddid (13507124). “Kriptoanalisis Pada Fungsi Hash Kriptografi MD5”. Jurusan Teknik Informatika ITB, Bandung 40132. E-mail: sibgha07@students.itb.ac.id.

Brian Al Bahr – NIM: 13506093. “Lux Hash Function”. Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10, Bandung. E-mail: if16093@students.if.itb.ac.id, bhbrayeun@yahoo.co.id.

Andrew Regenscheid, Ray Perlner, Shu-jen Chang, John Kelsey, Mridul Nandi, Souradyuti Paul. “Status Report on the First Round of the SHA-3 Cryptographic Hash Algorithm Competition”. Information Technology Laboratory National Institute of Standards and Technology Gaithersburg, MD 20899-8930.

Stevens Jethefer – 13504080. “Studi Dan Perbandingan Algoritma Idea (International Data Encryption Algorithm) Dengan Des (Data Encryption Standard)”. Program Studi Teknik Informatika. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung Jl. Ganeca 10. Bandung. E-mail : if14080@students.if.itb.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.6.1.2014.21-32

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241