Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Pola Penjurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Tasikmalaya

Egi Badar Sambani, Fitri Nuraeni

Sari


Abstrak Penentuan jurusan di SMK merupakan hal yang sangat penting, karena siswa akan dibekali pembelajaran sesuai dengan jurusan yang telah dipilih sehingga memiliki keterampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja. Namun dalam prosesnya masih sering mengalami masalah, karena pihak sekolah masih sulit dalam menentukan kebijakan untuk penentuan jurusan calon siswanya, diperlukan banyak faktor penilaian dan semua data diolah dalam waktu yang terbatas. Maka dari itu pihak sekolah perlu mengetahui pola penjurusan siswa berdasarkan nilai rapor, tes kesehatan, dan olahraga. Nantinya pola tersebut memudahkan pihak sekolah dalam menentukan jurusan mana yang tepat untuk calon siswa tersebut. Pola penjurusan diperoleh dengan proses data mining yang mengikuti langkah-langkah CRIPS-DM. Algoritma C4.5 merupakan salah satu bagian dari teknik klasifikasi dengan kemampuan model algoritma C4.5 yang dapatmelakukan proses learning danklasifikasi yang sederhana, cepat dan secara umum mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Dengan menggunakan dataset 1104 record data siswa baru, hasil dari pengklasifikasian data pemilihan jurusan SMK untuk jurusan AP, TKJ, RPL, TKR, dan TSM menghasilkan akurasi sebesar 92,30%. Dengan tingkat akurasi yang baik, pola klasifikasi penentuan jurusan ini dapat digunakan pihak sekolah dalam menentukan kebijakan dalam penentuan jurusan calon siswa pada proses penerimaan peserta didik baru.

Kata Kunci


C4.5; jurusan; klasifikasi; smk

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. Prasetyo, Data Mining : Konsep dan Aplikasi menggunakan MATLAB. Yogyakarta: ANDI, 2012.

O. Kristanto, “PENERAPAN ALGORITMA KLASIFIKASI DATA MINING ID3 UNTUK MENENTUKAN PENJURUSAN SISWA SMAN 6,” p. 9, 2013.

S. G. Winanta Send, Oslan Yetli, “IMPLEMENTASI METODE BAYESIAN DALAM PENJURUSAN DI SMA BRUDERAN PURWOREJO STUDI KASUS: SMA BRUDERAN PURWOREJO,” vol. 6, pp. 21–28, 2013.

Y. S. Nugroho and S. N. Haryati, “Klasifikasi dan Klastering Penjurusan Siswa SMA Negeri 3 Boyolali,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 3–8, 2015.

B. Novianti, T. Rismawan, and S. Bahri, “IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA C4 . 5 UNTUK PENJURUSAN SISWA ( STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 PONTIANAK ),” J. Coding Sist. Komput. Untan, vol. 4, no. 3, pp. 75–84, 2016.

J. Han and M. Kamber, “Data Mining: concepts and techniques slides,” Techniques. 2006.

D. T. Larose, Discovering Knowlegde in Data - An Introduction to Data Mining. Canada: A JOHN WILEY & SONS, INC., PUBLICATION, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.9.3.2017.144-152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241