Implementasi Metode Prototipe Pada Website Penelusuran Minat Peserta Didik Sebagai Layanan Bimbingan Konseling

Febria Sri Handayani, Meidyan Permata Putri

Sari


Kegiatan penelusuran minat peserta didik merupakan salah satu dari beberapa layanan bimbingan konseling di sekolah menengah pertama. Penelusuran minat peserta didik yang merupakan implementasi kurikulum 2013 (K13), bertujuan untuk membantu peserta didik memahami kekuatan minatnya, mempermudah dalam merealisasikan pilihan arah peminatan pada saat studi lanjut di jenjang pendidikan menengah. Mengingat adanya gambaran keraguan orang tua dan peserta didik dalam menentukan jurusan atau kelompok mata pelajaran pada sekolah lanjutan merupakan permasalahan yang sering muncul dimasyarakat. Dalam penelitian ini, dibuat instrumen bimbingan konseling untuk kegiatan penelusuran minat peserta didik. Instrumen ini akan mengungkapkan kadar kesukaan peserta didik sekolah menengah pertama (SMP) terhadap 14 objek peminatan. Dimana objek peminatan tersebut mengacu pada kegiatan kelompok mata pelajaran yang ada pada jenjang pendidikan menengah. Selain itu ada juga tes Intelligence Quotient (IQ), deskripsi dukungan dan harapan orang tua peserta didik, beserta instrumen Bimbingan Konseling lainnya yang mendukung rekomendasi penelusuran minat peserta didik. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode prototype. Impelementasi metode prototipe pada website ini menghasilkan lembar kesimpulan kegiatan bimbingan penelusuran minat peserta didik dan lembar rekomendasi studi lanjut bagi peserta didik sesuai porsi peminatannya.

Kata Kunci


Peminatan, Prototipe, Website, Rekomendasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemdikbud, (2013a), Pedoman Peminatan Peserta Didik, Jakarta: BPSDM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2013b). Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Abdillah, L.A., (2006), Perancangan Basis Data Sistem Informasi Penggajian, Jurnal Imiah MATRIK Vol.8 No.2 Agustus 2006 : 135-152

Kurniwanto, E. & Rahmayeni, F., (2016), Implementasi Database MongoDB Untuk Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web. Jurnal TEKNOIF Vol. 4 No. 1, April 2016, ISSN: 2338-2724.

Gat. 2015. Perancangan Basis Data Perpustakaan Sekolah Dengan Menerapkan Model Data Relasional. Citec Journal, Vol.2 No.4, Oktober 2015, ISSN : 2460-4259.

Handayani, F.S., (2014), Perancangan Basis Data Website Wedding Organizer Sekapur Sirih, Jurnal TEKNOMATIKA Vol. 4 No. 3, September 2014.

Hidayati, A., (2013), Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru, Jurnal ELTEK Vol.11 No.02 Oktober 2013 ISSN 1693-4024.

Joefrie, Y., Kalatiku, P., (2012), Desain Basis Data Sistem Informasi Akademik Di Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Jurnal Ilmiah Foristek, Vol.2 No.21, September 2012, 190-194.

Zamroni, E., (2016), Urgency Career Decision Making Skills Dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik, Jurnal Konseling Gusjigang Vol.2 No.2 (Juli-Desember 2016), Print ISSN:2460-1187, Online ISSN: 2503-281X




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.1.2018.44-57

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241