APLIKASI PEMBAYARAN SEWA STUDIO MUSIK 99 BERBASIS WEB

Asep Saefullah, Indra Nurhidayah

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah staff administrasi dalam melakukan pembayaran sewa studio musik 99 dan melakukan perubahan yang inovatif yaitu dengan melakukan perubahan berupa perancangan sistem basis data berupa aplikasi pembayaran berbasis web sebagai sarana pengefektifan kinerja petugas staff administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan cara studi pustaka atau tinjauan pustaka, metode perancangan database dengan menggunakan metode DBLC (database life cycle) yaitu perancangan konseptual yang dibuat menggunakan UML (Unified Modelling Language). Sedangkan metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (software development life cycle) yaitu metode waterfall yang terdiri dari Analysis, Design, Code, dan Test. Pengujian menggunakan metode black box, sistem telah bekerja sesuai rancangan,setiap kesalahan yang dilakukan saat pengisian form akan menampilkan notifikasi penolakan. Hasil yang dicapai adalah tersedianya aplikasi pembayaran berbasis web yang mendukung kegiatan staff administrasi dalam melakukan pekerjaaannya serta membantu user dalam memperoleh informasi dengan cepat. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa dengan di rancang dan dibuatnya aplikasi pembayaran berbasis web ini untuk membantu admin studio dalam menjalankan penyewaan studio berbasis web secara GUI (Graphical User Interface) agar dapat mempermudah admin dalam menjalankan aplikasi.


Kata Kunci


Pembayaran, Web, Metode Waterfall, Metode DBLC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anhar,ST, 2010, Panduan Menguasai PHP & MySql Secara Otodidak

Betha Sidik, Ir., 2006, Pemrograman Web Dengan PHP, Informatika Bandung, Bandung.

Bunafit Nugroho., 2004. Database Relasional dengan MySQL, Andi Yogyakarta :Yogyakarta.

Internet Users in the world Distribution by world Regions (2012). Diakses pada 26 Oktober 2012 dari: http://www.internetworldstats.com/stats.htm

Kasiman Peranginangin., 2006. Aplikasi web dengan PHP dan MySQL Kanisius., 2008. Strategi Perancangan Perpustakaan Digital

Muhamad Sukarno., 2006. Membangun Website dinamis dan interaktif dengan PHP-Mysql (Windows & Linux)

Padeli, Henderi, suyatno. (2008). Membangun (E-procurement)pengadaan barang dan jasa dengan prinsip good corporate dengan visual uml. Jurnal CCIT Vol 2(1), Tangerang Perguruan Tinggi Raharja.

Richard Eddy. 2010. Aspek legal property teori, contoh, dan Aplikasi.

Siti Aisyah, Nawang Kalbuana, Ipat Patmawati. "Aplikasi Pengajuan kredit berbasis web pada pt. adira quantum multifinance", CCIT Journal Vol. 5. No. 2, Januari 2012: halaman 112.

Soemarso. 2007. Perpajakan pendekatan komprehensif.

Widodo, Prabowo Pudjo. 2011 “Menggunakan UML”, Informatika. Bandung.

Yunirman Rijan, Ira Koesoemawati. 2009. Cara mudah membuat surat perjanjian atau kontrak dan surat penting lainnya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.5.1.2013.1-10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241