SISTEM PENGUKURAN ENERGI LISTRIK DIGITAL DILENGKAPI DENGAN TAMPILAN BIAYA PENGGUNAAN BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA8535

Yudhi Andrian

Sari


ABSTRAKSI

Sistem kWh meter merupakan suatu alat ukur pemakaian listrik yang banyak dipakai baik dilingkungan perumahan, perkantoran maupun industri. Pada penelitian ini telah dilakukan pengembangan KWH meter digital yang dilengkapi dengan tampilan daya dan biaya penggunaan. Sistem pengukur energi listrik ini dibuat dengan menghitung putaran piringan KWH meter analog yang telah diberi tanda hitam kemudian dideteksi dengan sensor. Adanya beban pada input akan menyebabkan piringan berputar sesuai dengan besarnya daya input. Saat sinar infra merah mengenai permukaan hitam, maka sinar tidak akan dipantulkan, namun saat sinar mengenai permukaan putih, maka sinar akan dipantulkan. Pantulan sinar akan mengenai fotodioda dan sinar tersebut akan dikuatkan kemudian dikirimkan ke mikrokontroller dalam bentuk sinyal digital dengan logika low. sebaliknya saat mengenai permukaan hitam, maka rangkaian penguat akan mengirimkan logika high ke mikrokontroller. Perubahan logika low menjadi high dikenali oleh mikrokontroller sebagai 1 putaran lempengan. Banyaknya putaran akan dikalikan dengan bilangan tertentu untuk menghasilkan daya pemakaian dan biaya pemakaian. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa satu putaran penuh pada piringan adalah 1 Watt. Beban input yang memiliki nilai daya yang besar, akan menyebabkan putaran piringan pada KWH meter semakin cepat.


Kata Kunci


KWH, Daya Listrik, Watt, KWH Meter Digital, LED Infra merah, Fotodioda, Mikrokontroller ATMEGA8535.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrie Setiawan, “Mikrokontroller ATMEGA8535 & ATMEGA16 Menggunakan BASCOM AVR”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2010

Atmega 8535, online] tersedia: www.alldatasheet.com 2011.

Dwiyanto, Oki,”Kwh Meter Digital Dengan Sensor Arus Acs712 Berbasis Mikrokontroler Atmega 32”. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Iswanto, “Mikrokontroller ATmega8535 dengan Bahasa Basic”, Gava Media, Yogyakarta, 2009.

Iswanto “Design dan Implementasi Sistem Embedded Mikrokontroler ATMEGA 8535 dengan Bahasa Basic”, Gava Media, Yogyakarta, 2008.

Setiono, A,”Prototipe Aplikasi KWh Meter Digital Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA8535 untuk Ruang Lingkup Kamar“, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

TELAAH, 2009 - isjd.pdii.lipi.go.id

Sulistiyo , Agus, “Kwh Meter Digital Terkoneksi Personal Computer (Pc) Berbasis Mikrokontroler Atmega16”. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.5.1.2013.31-40

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241