PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PERSAINGAN KOMPETITIF

Utin Kasma

Sari


SMU Bina Utama Pontianak merupakan salah satu lembaga pendidikan formal swasta yang ada di kota Pontianak.  Dalam pengelolaan operasional sekolah, sebagian besar SMU Bina Utama sudah menerapkan sistem informasi. Namun sistem informasi yang digunakan belum memberikan pengaruh dalam pencapaian persaingan yang kompetitif secara optimal. Hal ini dikarenakan penerapan sistem informasi belum digunakan sebagai tools strategis melainkan hanya mendukung proses pengolahan data administrasi sekolah saja. Dikarenakan semakin bertambahnya SMU Negeri dan swasta yang baru dibuka, untuk itu SMU Bina Utama membutuhkan sebuah perencanaan strategis sistem informasi agar dapat bersaing secara kompetitif dengan SMU negeri maupun swasta yang ada di Pontianak. Framework yang digunakan dalam penelitian ini adalah framework Ward & Peppard. Framework Ward & Peppard dimulai dengan pemahaman situasi saat ini, yaitu lingkungan eksternal dan internal, baik pada lingkungan bisnis maupun pada lingkungan SI/TI. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis Value Chain, Analisis SWOT, Analisis PEST dan McFarland Strategic Grid. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan teknik wawancara personal (Personal interview), observasi dengan pendekatan observasi terstruktur dan studi dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perencanaan strategis sistem informasi pada SMA Bina Utama Pontianak untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pada sekolah. 

Kata Kunci


Sistem Informasi; Perencanaan Strategis; Framework Ward & Peppard

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kosasi, Sandy., Perencanaan Strategi Sistem Informasi pada PT. A.J Sequis Life Star Star, CSRID Journal, Vol. 5, No. 2, Juni 2013.

Agasia, Windy., Kasma, Utin., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Klinik Kesehatan (Studi kasus : Klinik Krekot, Jakarta Pusat), Seminar Nasional TEKNOMEDIA, Februari 2018.

Loudon, K. C., Laudon, J. P., 2015, Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital, Edisi 13, Salemba Empat, Jakarta.

Jogiyanto, H.M., 2005, Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif, II, ANDI, Yogyakarta.

Manoppo, Franky., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward And Peppard (Study Kasus : Pada STMIK Parna Raya Manado), Prosiding SENIT, Mei 2017.

Ward, J., Peppard, J., 2002, Strategic Planning For Information System, Third Edition, John Willey & Sons, Inggris.

Arifani, Irfan Nur., Darmawan, Abdi., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi SI/TI Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus : Pada Disdikbudpora Metro), Jurnal TIM Darmajaya, Vol. 02, No. 01, Mei 2016.

Widiati, Ina S., Utami, Ema., Henderi., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Sekolah Islam terpadu, Citec Journal, Vol.2, No.4, Oktober 2015.

Suryatama, Erwin., 2014, Lebih Memahami Analisis SwoT Dalam Bisnis, KATA PENA, Surabaya.

Fahana, Jefree F., Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Pengelolaan Guru Sekolah Muhammadiyah, Jurnal JITEKI, Vol. 4, No. 1, Juni 2018.

Haron, H., Sabri, S.M., Zolkarnain, Z.N., A Situasional Analysis of Strategic Information System Planning in the Context of a Malaysian SME, 3rd International Conference on Research and Innovation in Information System, Kuala Lumpur, November 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.3.2019.149-157

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241