Rancang Ulang Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Reengineering Pada TLS Cargo

Mutia Nur Waluyo, Endang Suhendar, Hugo Aries Suprapto

Sari


TLS Cargo merupakan perusahaan jasa perantara pengiriman barang, baik antar kota ataupun antar pulau. Permasalahan yang terjadi di TLS Cargo yaitu tidak ada koneksi langsung antar divisi sehingga kurangnya monitoring pada pengiriman barang yang menyebabkan customer membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengetahui status dari barang yang dikirim.Tujuan dari penelitian ini adalah memperbaiki proses bisnis pada TLS Cargo untuk mengurangi waste time yang terjadi selama proses bisnis tersebut berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan business proses reengineering yang memperbaiki proses bisnis dengan menerapkan teknologi informasi, sehingga rancang ulang proses bisnis tersebut dapat memperbaikan bisnis dari yang manual menjadi terkomputerisasi melalui sistem. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan jika hasil dari perbaikan proses business process reengineering dapat di implementasikan di TLS Cargo dengan input database di dalam sistem Login. Dengan adanya sistem Login ini, admin ataupun user dapat menginput proses pengiriman dan dapat mengirimkan progress data secara realtime. Hasil efisiensi yang diperoleh dari adanya rancang ulang proses bisnis TLS Cargo adalah 86,99% yang menunjukkan peningkatan efisiensi sebesar 30,52% jika dibandingkan dengan sebelum rancang ulang.

Kata Kunci


proses bisnis; teknologi informasi; business process reengineering

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sun, R., Gregor, S., & Keating, B., 2015, Information technology platforms: Conceptualisation and a review of emerging research in IS research. ACIS 2015 Proceedings - 26th Australasian Conference on Information Systems, Australia.

Candra, A. L., 2017, Analisis Dan Rekayasa Proses Bisnis Pada Bagian Layanan Akademik Di Sekretariat Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung. Jurnal Teknik Industri, No. 3, Vol. 12, 161-170, https://doi.org/10.14710/jati.12.3.161-170.

Lenti, F. N., 2017, Rekayasa Proses Bisnis Pada E-Commerce B2B–B2C Menggunakan Sistem Afiliasi, JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), No.1, Vol.2 , 41–49, https://doi.org/10.26798/jiko.2017.v2i1.53.

Riani, R., Ridha, M. A. F., & Sari, R. P., 2018, Implementasi Network Monitoring Dengan Ntop Pada Jaringan DualStac, Techno.Com, No.4, Vol.17, 424-432, https://doi.org/10.33633/tc.v17i4.1964.

Oktavio, A., 2017, Pengaruh Business Process Reengineering Terhadap Business Process Performance Pada Hotel Budget Di Surabaya, Jurnal Ekonomika ’45, No.2, Vol.4, 163-175.

Djuhartono, T., Suprapto, H. A., & Shahreza, D., 2017, Pendekatan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Mobil, Sosio E-Kons, No. 2, Vol. 9, 101-108, https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i2.1940.

Akhavan, A., 2015, Business Process Reengineering using SharePoint in a consulting company, Disertasi, Master Dissertation, Engineering Faculty of Porto University, Portugal.

Agustin, F. (2015). Bussiness Process Reengineering Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Waktu Secara Paperless (Study Kasus : STMIK Potensi Utama). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), No.3, Vol.6, 159-179, https://doi.org/10.22303/csrid.6.3.2014.159-170

Sugiyono, 2017, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi, Alfabeta, Bandung.

Isnardi, 2016, Monitoring Bus Trans Padang Berbasis Web, Jurnal J-Click, No.2, Vol.3, 32-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.3.2020.161-169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241