IMPLEMENTASI FRAMEWORK CODEIGNITER DALAM PENGEMBANGAN MARKETPLACE FOTOGRAPHER DI BALI

Putu Adi Guna Permana, I Gd Windu Sara Adi Putra, Evi Triandini

Sari


Bali adalah pulau dengan beraneka ragam seni dan budaya agama. Hal ini yang mengundang banyak wisatawan lokal maupun manca negara ingin berkunjung dan berlibur ke Bali. Pengunjung Bali banyak yang mengabadikan kegiatan – kegiatannya, sehingga para fotografer banyak mendapatkan pesanan. Saat ini banyak fotographer yang masih menggunakan media promosi offline atau menggunakan online di berbagai media sehingga masyarakat yang ingin menggunakan jasanya bingung mencari informasi yang benar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini akan mengembangkan marketplace fotographer di Bali dengan menggunakan framework codeigniter. Penggunaan framework ini bermanfaat untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi dalam implementasi rancangan sistem. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa semua fungsi yang tersedia dalam sistem telah berjalan sesuai dengan rancangannya.


Kata Kunci


Marketplace Fotographer; Codeigniter; Wisata Bali

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Q. A, “Sistem Informasi Booking Online Jasa Photography Berbasis Web Dengan Framework Bootstrap (Studi Kasus N Design Photography),” STIKOM Bali, 2017.

M. Riyan Utama, “Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Pada Goplus Berbasis Web,” Universitas Komputer Indonesia., 2016.

I. Hermawan and D. A. Kurnia, “Sistem Informasi Pemesanan Paket Pengantin Berbasis WEB Pada Yuni Salon Duku Puntang Kabupaten Cirebon,” J. ICT, 2016.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018.

T. S. Jaya and D. Sahlinal, “Perancangan Kantor Digital Berbasis Framework dengan Metode Waterfall pada Politeknik Negeri Lampung,” J. Pengemb. IT, vol. 02, no. 02, pp. 14–17, 2017.

A. N. Mariyus, N. Purwati, and R. A. Azis, “Aplikasi Pengolahan Data Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Desa Margodadi Kab. Tulang Bawang Barat.,” J. Sist. Inf. Manaj. Basis Data, vol. 2, no. 1, pp. 15–24, 2019.

H. Sulistiono, Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.

I. Ismail and F. P. AlBahri, “Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 337, 2019.

M. Komarudin, “Pengujian perangkat Lunak metode Black box berbasis partitions pada aplikasi sistem informasi di sekolah,” J. Mikrotik, vol. o6, no. 3, pp. 02–16, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.79-88

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241