Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Di STMIK Tasikmalaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Teuku Mufizar

Sari


STMIK Tasikmalaya secara rutin memilih dosen berprestasi setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan untuk Dosen sesuai dengan UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 51 Ayat (1) Butir b, bahwa Dosen berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kinerja akademiknya. Melalui penghargaan ini setiap dosen diharapkan akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dan selalu meningkatkan kualitas. Dalam pelaksanaan pemilihan ini, STMIK Tasikmalaya membentuk tim khusus. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh tim ini yaitu adanya kesulitan dalam menentukan keputusan siapa yang terpilih menjadi dosen berprestasi dengan kriteria-kriteria yang memiliki sifat subjektif atau tidak pasti dengan cepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dirancang sebuah sistem
pendukung keputusan untuk pemilihan dosen berprestasi menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Adapun kriteria yang dipakai yaitu: Penilaian Mahasiswa, Penilaian Dosen sejawat, Penilaian Pimpinan/Manajemen, Kualifikasi Akademik, Penelitian, Jurnal, Pelatihan, Seminar, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Jabatan Akademik. Dalam penelitian ini alat bantu perancangan sistemnya menggunakan Diagram Arus Data (DAD), sedangkan teknik perancangan basis datanya menggunakan ERD. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan metode SAW mampu mengatasi permasalahan dalam memilih dosen berprestasi di STMIK Tasikmalaya.


Kata Kunci


Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Dosen Berprestasi, Metode SAW

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Jasril, dan Meitarice, Sonya., 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Teladan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)(Studi Kasus :

BPPM UIN SUSKA RIAU). Jurnal Sains dan Teknologi Industri.No. 1, Vol. 11,

Natalia Zulita, Leni., 2013. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SAW untuk Penilaian Dosen Berprestasi (Studi Kasus : Universitas Dehasen Bengkulu). Jurnal Media Infotama, No.2, Vol.9,

Asfi, Marsani., Lukita, Chandra., dan Amroni., 2013. Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di STMIK CIC Cirebon. Proceeding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2013 STMIK Bumigora, Mataram, 14-16 Pebruari.

Agustin, Yoga Handoko, Kurniawan, Hendra., 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan metode Weighted Product (Studi Kasus : STMIK Pontianak). Proceeding Seminar Nasional Informatika(SNIf) 2015 Universitas Potensi Utama, Medan, 22 Agustus.

Kendall, Kennet E., dan Kendall, Jullie E., 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi ke-5 (Versi Bahasa Indonesia). Indeks, Jakarta.

Deni, Widayanti, Sudana, Oka, dan Sasmita, Arya, 2013, Analysis and Implementation Fuzzy Multi-Attribute Decision Making SAW Method for Selection of High Achieving Students in Faculty Level. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, No 2, Vol. 10, Issue 1.

Kusumadewi., Sri, Hartati., Sri, Harjoko., Agus, dan Wardoyo., Retantyo, 2006. Fuzzy Multi Attributte Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kristanto, Andri. 2008,Perancangan Sistem dan Aplikasinya. Gava Media, Yogyakarta.

Fatansyah, 2012. Basis Data. Informatika, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.7.3.2015.155-166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241