Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Mobile (Design Application Early Childhood Education Based Mobile)

Annah Annah, Husain Husain

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini dalam bentuk aplikasi mobile terkhusus untuk smartphone berbasis Android. Dalam proses belajar mengajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini masih sering ditemukan kendala yang dialami tenaga pengajar yaitu keterbatasan alat peraga sehingga peserta didik kurang berminat untuk belajar. Selain itu orang tua juga mengalami kesulitan untuk membimbing atau mengajarkan kembali materi pembelajaran di rumah karena tidak memiliki media pembelajaran alternatif. Dalam menyusun laporan penelitian ini penulis menggunakan Aplikasi Perangkat Bergerak berbasis Android yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java melalui editor Eclipse. Berdasarkan hasil penelitian maka didapat kesimpulan bahwa aplikasi ini mampu diaplikasikan di platform Android hingga versi terakhir saat ini yaitu platform versi JellyBean. Aplikasi Pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif cara belajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini sehingga dapat mengatasi kekurangan alat peraga di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, dapat digunakan untuk diajarkan dirumah, dan memberikan metode pembelajaran yang baru kepada anak usia dini sehingga bentuk pembelajaran yang didapatkan tidak monoton terhadap satu bentuk cara pembelajaran.


Kata Kunci


Anak Usia Dini;Mobile;Pembelajaran; Aplikasi; Media Alternatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Retnowati,Tri Hartiti.,2007,Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini di Sanggar Pratista Yogyakarta,Jurnal Seni dan Pendidikan Seni IMAJI, Vol.7,No.2,hal 202-214.

RR. Nunung Sinta Sari, 2013, Analisis Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad TK Pertiwi II Pontianak, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.2,No.4.

Nurdiah SF, Ani Apriani, Nyimas Artina, 2013, Rancang Bangun Aplikasi Edukasi “Ceria” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, http://eprints.mdp.ac.id/1009/1/32fatimahJURNAL.pdf,diakses tahun 2015.

Rokhim YN, Husni Thamrin, 2014, Perancangan aplikasi Pembelajaran Pengenalan Warna, Huruf, dan Angka untuk Anak Usia Dini dengan 3 Bahasa Berbasis Android, http://eprints.ums.ac.id/31311/19/Naskah_Publikasi.pdf,diakses tahun 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.8.1.2016.1-10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241