Analisis Sentimen Pengguna Youtube Terhadap Program Vaksin Covid-19

Ferian fauzi Abdulloh, Iqbal Rilo Pambudi

Sari


Vaksinasi telah mulai dilakukan pemerintah Indonesia per tanggal 13 Januari 2021 menjadi momen yang penting. Vaksinasi menjadi pilihan pemerintah Indonesia untuk menekan grafik penularan virus Covid-19. Indonesia telah menyiapkan dosis vaksin sebesar 371 juta vaksin corona. Namun, isu tentang vaksin juga beredar luas di masyarakat. Rumor tentang vaksin yang belum aman dan kurangnya sosialisasi menimbulkan pro dan kontra terhadap vaksinasi ini. Maka dari itu mencari tahu opini masyarakat tentang vaksinasi ini menjadi opsi untuk menentukan sentimen masyarakat terhadap vaksin.

Media sosial menjadi salah satu sumber opini masyarakat dalam menuangkan pendapatnya. Pengolahan opini tersebut dapat menjadi sebuah alternatif untuk menentukan respon publik terhadap suatu peristiwa tertentu. Menurut HootSuit Indonesia tahun 2021 Youtube menjadi social media dengan pengguna terbanyak. Dengan pertimbangan tersebut, Youtube menjadi sebuah pilihan untuk menjadi sumber dataset.

Selanjutnya dataset itu diolah dan diproses dengan metode Support Vector Machine data yang diolah tersebut akan dijadikan model klasifikasi untuk melakukan pengklasifikasian teks dari komentar Youtube dengan topik bahasan “vaksin covid-19”. Hasil dari pengklasifikasian tersebut diharapkan dapat menjadi informasi maupun masukan kepada pihak tertentu untuk dijadikan pertimbangan.


Kata Kunci


vaksin, youtube, svm

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.13.3.2021.141-148

Refbacks

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241