ANALISA PRODUK AIR MINERAL KEMASAN TERBAIK BERDASARKAN KUISIONER KONSUMEN DENGAN METODE PSI

Ommi Alfina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa pengaruh kualitas produk  air mineral kemasan terbaik; dan (2) menganalisa pengaruh harga terhadap keputusan pembelian air mineral dengan merek tertentu. Penelitian didasarkan atas kebutuhan pokok manusia sehari – hari terhadap air yang hampir lebih dari 60 % tubuh manusia terdiri dari air untuk memenuhi cairan tubuh. Kita bisa mendapatkanya melalui berbagai cara termasuk membeli air kemasan yang diperjual belikan dalam berbagai merek, kemasan, dan harga yang bervariasi. Syarat-syarat untuk menentukan kriteria dari produk air mineral kemasan terbaik dapat dilihat dari harga, kualitas, distribusi, daya tarik produk dan sertifikasi produk. Dengan menggunakan metode PSI (Preference Selection Index) pada sebuah sistem pendukung keputusan yang dimulai dari menentukan alternatif, kriteria, Pemberian nilai bobot, matriks keputusan, melakukan proses normalisasi, penentuan nilai rata-rata variasi preference selection index, nilai devesiasi selection index dan  perengkingan, serta penggunaan Microsoft Visual Studio dan MySQL sebagai database diharapkan dapat membantu dalam pemilihan Air mineral kemasan terbaik yang sesuai dengan keinginan dan juga minat dari pengguna serta dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan langkah dan kebijakan untuk meningkatkan kualiatas produk dan kepuasan bagi pelanggan .


Kata Kunci


Sistem Pendukung Keputusan;Air Mineral Kemasan;Preference Selection Index

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.13.3a.2021.221-230

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241