ANALISA PRODUK AIR MINERAL KEMASAN TERBAIK BERDASARKAN KUISIONER KONSUMEN DENGAN METODE PSI
Ommi Alfina
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa pengaruh kualitas produk air mineral kemasan terbaik; dan (2) menganalisa pengaruh harga terhadap keputusan pembelian air mineral dengan merek tertentu. Penelitian didasarkan atas kebutuhan pokok manusia sehari – hari terhadap air yang hampir lebih dari 60 % tubuh manusia terdiri dari air untuk memenuhi cairan tubuh. Kita bisa mendapatkanya melalui berbagai cara termasuk membeli air kemasan yang diperjual belikan dalam berbagai merek, kemasan, dan harga yang bervariasi.Syarat-syarat untuk menentukan kriteria dari produk air mineral kemasan terbaik dapat dilihat dari harga, kualitas, distribusi, daya tarik produk dan sertifikasi produk. Dengan menggunakan metode PSI (Preference Selection Index) pada sebuah sistem pendukung keputusan yang dimulai dari menentukan alternatif, kriteria, Pemberian nilai bobot, matriks keputusan, melakukan proses normalisasi, penentuan nilai rata-rata variasi preference selection index, nilai devesiasi selection index dan perengkingan,serta penggunaan Microsoft Visual Studio dan MySQL sebagai database diharapkan dapat membantu dalam pemilihan Air mineral kemasan terbaik yang sesuai dengan keinginan dan juga minat dari pengguna serta dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan langkah dan kebijakan untuk meningkatkan kualiatas produk dan kepuasan bagi pelanggan .
Kata Kunci
Sistem Pendukung Keputusan;Air Mineral Kemasan;Preference Selection Index