ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP DI SUMATERA UTARA

Doni Irawan Saragih

Sari


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kecemasan matematika siswa SMP di Sumatera Utara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang terdiri dari 6 indikator yang dikembangkan menjadi 25 pernyataan dan diujikan kepada sampel 200 orang siswa dari 18 kabupaten/kota di Sumatera Utara, yang terdiri dari 100 orang siswa laki-laki dan 100 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika siswa SMP di Sumatera Utara berada dalam kategori kecemasan rendah, dan tidak terdapat perbedaan kecemasan matematika yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan.

Kata Kunci


Kecemasan;Matematika;Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. I. Saragih and E. Surya, 2017, Analysis the Effectiveness of Mathematics Learning Using Contextual Learning Model, International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR).vol. 34, no. 1. pp. 135-143

Ulya, H. dan Rahayu, R, 2017, Pembelajaran Etnomatematika untuk Menurunkan Kecemasan Matematika, Jurnal Mercumatika, vol. 2, no. 1, hal. 16-23

M. H . Ashcraft, 2002, Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Directions in Psychological Science, Sage Journals, no. 5, vol. 11, pp. 181-185

I. W. Anita, 2014, Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Bandung, Infinity Journal, no. 1, vol. 3, hal. 125-132.

R. Auliani, 2010, Hubungan Antara Tipe Kecemasan dengan Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,” Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

J. Benner, 2010, Anxiety in The Math Classroom, Tesis, Bemidji State Universty, United States.

Wahyudin, 2010, Monograf: Kecemasan Matematika, Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI. Bandung

M. Peker, 2009, Pre-Service Teachers Teaching Anxiety about Mathematics and Their Learning Styles, Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Eductaion, no. 4, vol. 5, 335-345.

D. Johnson, 2003, Math Anxiety, Literature Review.

R. C. Richardson and R. M. Suinn, 1972, The Mathematics Anxiety Rating Scale: Psychometric data, Journal of Counseling Psychology, vol. 19, pp. 551–554.

A. Y. Ozcan and S. Brewer, 2011, Adaptation of Mathematic Anxiety Rating Scale-Revised (MARS-R) for Adult Online Student, 27th Annual Conference on Distance Teaching And Learning, Arizona.

P. Mutodi and H. Ngirande, 2014, Exploring Mathematics Anxiety: Mathematics Students’ Experiences, Italy. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, no. 1, vol. 5, pp. 283-294.

S. Imro’ah, W. Winarso, dan E. P. Baskoro, 2019, Analisis Gender Terhadap Kecemasan Matematika dan Self Efficacy Siswa, Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, no, 1, vol. 4, hal. 23-36.

L. G. G. Pristiwa, 2018, Tingkat kecemasan ditinjau dari jenis kelamin dan jenis olahraga pada atlet Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Olahraga di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

L. Keow, 2012, Mathematics Anxiety in Secondary School Students, Proceedings of the 35th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. Singapore, held in Singapore from 2 – 6 Jul.

Andrian. D, 2017, Mengelola Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika, SEMNASTIKAUNIMED, hal. 440-449.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.13.3a.2021.445-454

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241