PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE UNTUK PRODUK PEMBUATAN KUE

Sandy Kosasi

Sari


Tujuan penelitian menghasilkan sistem E-Commerce melalui integrasi database dan membina hubungan dengan pelanggan sehingga dapat memperlancar aliran informasi dan keputusan untuk memperluas pangsa pasar. Metode analisis perluasan pasar menggunakan analisis kesempatan pasar, dan menggunakan perancangan model bisnis, antarmuka pelanggan, komunikasi pasar dan rancangan implementasi. Perancangan sistem E-Commerce menggunakan model agile dengan pendekatan Feature Driven Development (FDD). Untuk deskripsi pemodelan sistemnya menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil perancangan meliputi bagian front-end dan sistem manajemen konten dan secara spesifik meniadakan perantara, mengurangi biaya pembuatan, pengiriman, dan penyimpanan informasi. Digitisasi pemasaran memberikan sejumlah kelebihan operasional seperti pemrosesan data pemesanan menjadi lebih mudah ditelusuri, sistem persediaan dan pembayaran lebih akurat, dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.


Kata Kunci


E-Commerce; Analisis Perluasan Pasar; Feature Driven Development

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afsar, A., Nasiri, Z., Zadeh, M. O., 2013, E-loyalty Model in E-Commerce, Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(9), hal 547-553.

Kwahk, Kee-Young., Ge, Xi., 2012, The Effects of Social Media on E-Commerce: A Perspective of Social Impact Theory, 45th Hawaii International Conference on System Sciences, ISBN: 978-0-7695-4525-7/12 © 2012 IEEE DOI 10.1109/HICSS.2012.564, hal 1814-1823.

Turban, E., King, D., Lang, J., 2010, Introduction to Electronic Commerce, Third Edition, Prentice-Hall, Inc.

Xiaohui, Guo., Rong, Gao., JianYu, Wei., Chongning, Huo., 2014, Key Technology of Distributed E-Commerce System Architecture, TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering, Vol.12, No.5, May 2014, DOI: http://dx.doi.org/10.11591/telkomnika.v12i5.4346, ISSN: 2302-4046, hal 3987-3993.

Li, Yingpeng., Yang Rui., 2014, News Business Model for Company to Win the Competition, American Journal of Industrial and Business Management, 4, Scientific Research, Published Online April 2014 in SciRes. http://www.scirp.org/journal/ajibm http://dx.doi.org/10.4236/

ajibm.2014.44026, hal 190-198.

Li, H., Hong, J., 2013, Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness, 5(4), hal 161-166.

Antika, Elly., Widiastuti, Ika., 2014, Pengembangan E Commerce dan Strategi Promosi Online Batik Tulis Sumbersari untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Melalui Internet, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) 2014, ISSN: 1979-9845, STMIK STIKOM Bali, 7-8 November 2014, hal 278-283.

Kosasi, Sandy., 2014, Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar, Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF) 2014, ISBN: 978-602-1180-04-4, Edisi 1, Volume 1, Universitas Muria Kudus, 23 Agustus 2014, hal 225-232.

Anwar, Saipul., Efendi, Yasin., 2014, Desain dan Implementasi E-Commerce Untuk UKM Berbasis Komunitas: Studi Kasus UKM Di Wilayah Pamulang, Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2014, ISSN: 2355-1944, STMIK Dipanegara Makassar Bekerja sama Dengan ITB, 27 Pebruari – 01 Maret 2014, hal 1569-1573.

Astuti, R. W., Pariyadi., 2013, Aplikasi E-Commerce Pada Systech Computer Jambi, Seminar Nasional Informatika (SNIf) 2013, STMIK Potensi Utama Medan, hal 348-352.

Bernadi, J., 2013, Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ, ComTech, 4(2), hal 731-741.

Julisar., Miranda, Eka., 2013, Pemakaian E-Commerce Untuk Usaha Kecil dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing, ComTech, Vol. 4 No. 2, Desember 2013, hal 638-645.

Sommerville, I., 2010, Software Engineering, Ninth Edition, Addison-Wesley.

Shelly, G., Rosenblatt, H., 2012, System Analysis and Design, Ninth Edition, Course Technology, Cengage Learning.

Laudon, K. C., Traver, C. G., 2013, E-Commerce 2014: Business, Technology, Society, Tenth Edition, Prentice-Hall, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.7.1.2015.57-67

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241