PENERAPAN METODE DEMPSTER SHAFER UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DARI AKIBAT BAKTERI TREPONEMA PALLIDUM

Nita Sari Br Sembiring, Mikha Dayan Sinaga

Sari


Analisis dan perancangan sistem ini bertujuan untuk mendiagnosis penyakit dari akibat bakteri Treponema Pallidum. Hal ini didasari karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gejala awal dari penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini. Untuk memberikan tingkat kepastian yang tinggi maka peneliti menggunakan metode Dempster Shafer. metode ini diklaim mampu memberikan tingkat kepastian yang tinggi dalam hal mendiagnosa penyakit.Sifilis atau penyakit Raja Singa adalah salah satu penyakit menular seksual yang kompleks, disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Perjalanan penyakit ini cenderung kronis dan bersifat sistemik. Hampir semua alat tubuh dapat diserang, termasuk sistem kardiovaskuler dan saraf. Sifilis dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu: (1) Sifilis Primer, (2) Sifilis Sekunder, dan (3) Sifilis Tersier (lanjutan). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merancang suatu sistem yang dapat mengidentifikasi dan memastikan penyakit dari bakteri Treponema Pallidum berdasarkan gejala yang tampak dan untuk membantu masyarakatuntuk dapat mengetahui lebih dini mengenai bakteri Treponema Pallidum dan tingkatan penyakit yang ditimbulkannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari kerangka berpikir metodologi penelitian sistem informasi yaitu dimulai dari tahap eksplorasi konsep, analisis, pengumpulan dan analisis data serta penarikan kesimpulan.

Kata Kunci


Sistem Pakar; Bakteri Treponema Pallidum; Dempster Shafer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahyuni Elyza Gusti, Widodo Prijodiprojo. 2013. “Prototype Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer”. Jurnal IJCCS, Vol.7, No.2. UGM. Yogyakarta.

T. Sutojo, et al, 2011, Kecerdasan Buatan, Andi Offset, Jogyakarta.

Elfrida, Elvinawaty. 2014. “Imunopatogenesis Treponema pallidum dan Pemeriksaan Serologi”. Jurnal Kesehatan Universitas Andalas. Padang.

Sulistyohati, Aprilia, Taufiq Hidayat.2008. “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal DenganMetode Dempster-Shafer”.Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008). Yogayakarta.

Minardi, Joko, Suyatno. 2016. “Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kehamilan Menggunakan Metode Dempster-Shafer Dan Decision Tree”. Jurnal SIMETRIS, Vol 7 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.9.3.2017.134-143

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241