Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi Menggunakan Metode TOPSIS

Herlinda Kusmiati, D. Tri Octafian

Sari


Ketua Program Studi sebagai elemen dalam manajemen perguruan tinggi untuk merealisasikan visi, misi, dan tujuan dari program studi yang relevan dengan visi, misi, dan tujuan lembaga secara keseluruhan. Sistem penghargaan merupakan salah satu unsur penting dan sebagai unsur motivator ke arah kinerja terbaik serta berperan dalam menumbuhkan suasana akademik, yang pada akhirnya dapat mempercepat perkembangan masyarakat ilmiah masa kini dan masa depan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem pemberian penghargaan dapat mendorong Ketua Program Studi untuk lebih berprestasi dan produktif, sehingga tujuan pengembangan sistem pendidikan tinggi dan pembangunan nasional pada umumnya dapat tercapai secara optimal. Pemberian penghargaan ini dilakukan secara rutin oleh kemenristekdikti tiap tahun. Menentukan Ketua Program Studi Berprestasi menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK dibuat dengan beberapa tahapan dimulai dari studi literature, desain sistem, membangun sistem dengan menerapkan metode TOPSIS dalam SPK, implementasi dan pengujian sistem, dan analisis sistem yang telah dibangun.Sistem Pendukung Keputusan ini dapat digunakan untuk mempermudah serta membantu dalam menentukan Ketua Program Studi Berprestasi.

Kata Kunci


The Chairman Of The Study Program; Overachievers; Topsis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harliana.2014.Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pengesub Menggunakan TOPSIS. Citec Jurnal Vol 1, No.2 : 90-101

Sari, Nurma Agus, d.k.k.2013.Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jurnal TIKomSiN.ISSN : 2338-4018

Pradita, Ranida dan Nurul Hidayat.2013.Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Menggunakan Metode Promethee.Jurnal Sains dan Seni POMITS Vol.2 No.1.ISSN :2337-3520.

Pedoman No 02/PP/DITDIKTENDIK/2015.

Jogiyanto. (2008).Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis (TH.2008).Yogyakarta: Andi.

Turban, Efraim. 2005.Decision Support Systems and Intelligent Systems, Yogyakarta:Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.9.3.2017.153-164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241