BUSSINESS PROCESS REENGINEERING SISTEM PRESENSI MAHASISWA BERBASIS WAKTU SECARA PAPERLESS (STUDY KASUS : STMIK POTENSI UTAMA)

Fhery Agustin

Sari


Abstract
Bussiness Process Reengineering merupakan sebuah konsep rekontruksi ulang dengan melakukan tindakan secara dramatis dan radikal sehingga dapat menghasilkan perbaikan proses, penghematan biaya, serta peningkatan kecepatan. Sistem Presensi Mahasiswa di STMIK Potensi Utama yang berjalan saat ini, setelah dilakukan evaluasi ternyata memiliki banyak kelemahan ditinjau dari 5 indikator penyebab perlunya dilakukan Bussiness Process Reengenering. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses Reengineering sehingga menghasilkan peningkatan sistem jika dibandingkan dengan sebelum dilakukan Bussiness Process Reengineering dengan menggunakan 3 pendekatan (restructure, informate, dan mind). Berdasarkan hasil penelitian ternyata tidak terjadi peningkatan pada kategori input, kemudian dari kategori proses terjadi peningkatan sebesar 66,67%. Lalu ditinjau kategori output, terjadi peningkatan sebesar 50%. Namun secara keseluruhan Bussiness Process Reengineering yang dilakukan terhadap sistem Presensi Mahasiswa di STMIK Potensi Utama dapat dikatakan berhasil dengan baik. Sistem baru yang dihasilkan dengan memanfaatkan konsep Bussiness Process Reengineering di STMIK Potensi Utama adalah sebuah protype aplikasi presensi mahasiswa secara paperless berbasis web dengan metode batasan waktu.


Kata Kunci


Bussiness Process Reengineering, Presensi mahasiswa, Peningkatan Sistem, Perbaikan Sistem, Penghematan Biaya, Peningkatan Kecepatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berkas STMIK Potensi Utama, didokumentasikan tgl : 21 Maret 2014.

Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto, 2002. Konsep dan Aplikasi Bussiness Process Reengineering. Grasindo, Jakarta.

Wardhana, Bhaswara Aditya, Darminto Pujotomo dan Susatyo Nugorho WP, 2013. Usulan Perbaikan Proses Bisnis dengan Konsep Bussiness Process Reengineering (Studi Kasus Permata Guest House). J@TI Undip, Vol VIII, No 1.

Wijaya, Roy Rendra, Noor Ifada, dan Achmad Jauhari, 2009. Perancangan dan Pengembangan Sistem Pelaporan Terpadu Sistem Informasi Puskesmas (SPT Simpus) dengan Metode BPR. Jurnal Ilmiah Kursor, Vol. 5 No.2.

Wisayani, Ni Luh, Kertahadi, dan Riyadi, 2014. Analisis Bussiness Process Reengineering Untuk Mengevaluasi , Merekayasa Ulang, dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada PT. PLN (Persero) Dist. Jatim Area Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 8

No. 1.

El-Sawy, 2002. Redesign Enterprise Process for e-Bussiness. McGraw-Hill, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.6.3.2014.159-170

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241