Aplikasi Simulator Algoritma Penjadwalan Central Processing Unit Menggunakan Actionscript 3.0

Edson Y. Putra, Green A. Sandag, Enrico S. Djimesha

Sari


Teknologi pada zaman ini telah berkembang dengan pesat, khususnya teknologi Central Processing Unit. Karena itu, manusia dituntut untuk mempelajari cara kerja Central Processing Unit. Central Processing Unit itu sendiri memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah melakukan pemrosesan, dimana terdapat antrian proses yang akan dieksekusi. Sayangnya, metode pembelajaran mengenai antrian Central Processing Unit masih kurang efektif karena hanya menggunakan Gantt Chart sebagai gambaran untuk cara kerjanya. Ini menyebabkan peneliti bermaksud untuk melakukan perancangan aplikasi simulator berbasis desktop untuk membantu para pelajar agar lebih mudah memahami dengan memberikan gambaran secara animasi mengenai cara kerja antrian proses yang terdapat pada Central Processing Unit, khususnya antrian dengan algoritma First-Come-First-Served dan nonpreemptive Shortest-Job-First. Pada perancangan aplikasi ini, peneliti menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Professional CC 2015 dengan bahasa pemrograman ActionScript 3.0.


Kata Kunci


ActionScript 3.0; antrian; First-Come-First-Served; nonpreemptive Shortest-Job-First; Central Processing Unit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. Alfindasari, "Faktor-faktor yang Mendukung Pengembangan Teknologi," [Online]. Available: https://www.eurekapendidikan.com/2014/11/faktor-faktor-yang-mendukung.html. [Accessed 16 July 2017].

R. Yusram, "Model Pembelajaran Untuk Efisiensi Dan Efektivitas Pembelajaran," [Online]. Available: http://www.kompasiana.com/totopardamean/model-pembelajaran-untuk-efisiensi-dan-efektivitas-pembelajaran_550b2351a33311b2142e396e. [Accessed 16 July 2017].

Maliki, "Optimalisasi Pembelajaran Melalui Visualisasi Pada Diklat Guru Pai," [Online]. Available: http://bdksemarang.kemenag.go.id/optimalisasi-pembelajaran-melalui-visualisasi-pada-diklat-guru-pai/. [Accessed 16 July 2017].

S. Whiteley, "Using Visualization for Learning," Trans4mind, [Online]. Available: https://trans4mind.com/counterpoint/index-creativity-career/whiteley.shtml. [Accessed 16 September 2018].

D. Arianto, "Simulasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Fisika," Repositori UMK, 2012.

E. Rochmatika, "Aplikasi Media Pembelajaran Origami Berbasis Flash Menggunakan Adobe Flash CS5," Lumbung Pustaka UNY, 2015.

A. Silberschatz, P. B. Galvin and G. Gagne, Operating System Concepts Ninth Edition.

Adobe, "Learning ActionScript 3," [Online]. Available: https://www.adobe.com/devnet/actionscript/learning.html. [Accessed 4 April 2018].




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.10.3.2018.139-145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241