RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN PADI BERBASIS WEB

Nur Azizah, Syarah Syarah, Pepy Diah Setiawati

Sari


ABSTRAK

Tanaman padi dapat diserang berbagai macam penyakit, penyakit tersebut dapat diketahui dari gejala-gejala yang ditimbulkannya, akan tetapi untuk mengetahui secara tepat jenis penyakit yang menyerang padi tersebut, memerlukan seorang pakar/ahli pertanian Sedangkan jumlah pakar pertanian terbatas dan tidak dapat mengatasi permasalahan petani dalam waktu yang bersamaan, sehingga diperlukan suatu sistem yang mempunyai kemampuan seperti seorang pakar, yang mana didalam sistem ini berisi pengetahuan keahlian seorang pakar pertanian mengenai penyakit dan gejala tanaman padi. Pada penelitian ini dirancang sistem pakar berbasis web menggunakan basis aturan (rule based reasoning) dengan metode inferensi forward chaining dan backward chaining yang dimaksudkan untuk membantu petani dalam mendiagnosa penyakit tanaman padi. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi berbasis web yang telah dikembangkan mempunyai keunggulan dalam kemudahan akses dan kemudahan pemakaian. Dengan fitur yang berbasis web yang dimiliki, sistem pakar untuk diagnosa penyakit tanaman padi yang telah dibangun dapat digunakan sebagai alat bantu untuk diagnosa penyakit tanaman padi dan dapat diakses oleh petani dimanapun juga untuk mengatasi persoalan keterbatasan jumlah pakar pertanian dalam membantu petani mendiagnosa penyakit tanaman padi.


Kata Kunci


Backward Chaining, Forward Chaining, Rule Based Reasoning, Tanaman Padi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chen X., Luo Q., Jiang Y., Lv Z., and Wu S., “A WebGIS Expert System for Rice Brown Planthopper Disaster Early-Warning in China’s Shanghai”, Bioinformatics and Biomedical Engineering, ICBBE, The 2nd International Conference on, pp 2485-2488 , May 2008.

Handayani, L., Sutikno, T., “Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Shell e2glite untuk Diagnosis Penyakit Hati”, Jurnal Telkomnika, Vol.2 No.1, pp 63-70, April 2004.

“Pedoman Deteksi Dini Serangan OPT (Penyakit tanaman Padi )“, Dirjend. Tanaman Pangan, Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan, Jakarta, 2007.

“Pengenalan dan Pengendalian OPT Padi”, Dirjend. Tanaman Pangan dan Holtikultura, Direktorat Bina Perlindungan Tanaman, Jakarta, 1994.

Syarif, Iwan dan Badriyah, Tessy. 2002. Pembuatan Alat Bantu Ajar Sistem Pakar dengan Teknik Inferensi Backward Chaining. Surabaya.

Rusdi Maslim. Maharani, V. T. (2007). Keterbelakangan Mental. Blog Tanaya Maharani. Turban,

E. (1995). Decision Support and Expert System; Management Support System.

Turban, Efram, Jay E. Aronson, and Ting Peng Liang, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Edisi 7 Jilid 1, Andi, Yogyakarta.

Turban E., Aronson J.E., Liang T.P., “Decision Support Systems and Intelligent Systems Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas)”, Edisi 7, Jilid 2, CV.Andi Offset, Yogyakarta, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.5.1.2013.63-74

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241