SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PROMO BUNDLING PRODUK DENGAN METODE SAW DAN APRIORI

Rini Rini, Enie Yuliani, Sriyati Sriyati, Kusrini Kusrini

Sari


Strategi pemasaran dengan bundling atau kombinasi beberapa produk yang dijual dalam satu paket sedang marak dilakukan oleh toko online maupun offline. Bundling produk tidak bisa dilakukan secara asal, perlu alasan mengapa produk tersebut dijual dalam satu paket. Beberapa yang perlu dipikirkan adalah: apakah paket produk tersebut akan banyak terjual jika dijual bersama-sama, dan produk apa yang seharusnya dibuatkan promo bundling. Penelitian ini berusaha memberikan solusi untuk pertanyaan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem rekomendasi berbasis web yang dapat digunakan oleh para pemilik toko untuk membuat bundling produk. Terdapat fitur rekomendasi produk yang akan dibuatkan promo, pemilik toko memiliki kebebasan untuk memilih kriteria yang digunakan untuk pemilihan produk menggunakan metode SAW. Setelah mendapatkan daftar produk yang akan dibuatkan promo, pengguna akan dihadapkan dengan proses bundling produk menggunakan metode aturan asosiasi yaitu apriori. Pengguna diizinkan untuk menentukan minimum support atau minimal jumlah transaksi yang disyaratkan. Hasil dari sistem ini adalah rekomendasi bundling produk sesuai dengan produk yang terpilih dari kriteria yang diinputkan oleh pengguna sistem. Data ditampilkan urut berdasarkan hasil perkalian nilai support dan confidence tertinggi. Berdasarkan pengujian sistem yang telah dilakukan, sistem ini dapat berjalan dengan baik dan memudahkan pengguna/pemilik toko untuk membuat bundling produk sesuai dengan kriteria yang diinginkan.


Kata Kunci


bundling produk; aturan asosiasi; apriori; saw; sistem penunjang keputusan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DoubleClick, “E-Commerce Site Trend Report Q3 2004,” 2004. .

Maryse Salles, Decision-Making and the Information System. London: ISTE, 2015.

E. Turban, J. E. Aronson, and T.-P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th ed. New Delhi: Prentice-Hall of India Private Limited, 2005.

A. Fauiyyah and U. G. Mada, “Algoritma apriori dalam menentukan product bundling,” no. July, 2019.

W. B. Zulfikar, A. Wahana, W. Uriawan, and N. Lukman, “Implementation of association rules with apriori algorithm for increasing the quality of promotion,” Proc. 2016 4th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2016, pp. 4–8, 2016.

F. Kurniawan, B. Umayah, J. Hammad, S. M. S. Nugroho, and M. Hariadi, “Market Basket Analysis to Identify Customer Behaviours by Way of Transaction Data,” Knowl. Eng. Data Sci., vol. 1, no. 1, p. 20, 2017.

G. R. Liu and X. Z. Zhang, “Collaborative filtering based recommendation system for product bundling,” Proc. 2006 Int. Conf. Manag. Sci. Eng. ICMSE’06, pp. 251–254, 2006.

A. Afshari, M. Mojahed, and R. Yusuff, “Simple additive weighting approach to personnel selection problem,” Int. J. Innov. Manag. Technol., vol. 1, no. 5, pp. 511–515, 2010.

Peter C. Fishburn, “Additive Utilities with Incomplete Product Set: Application to Priorities and Assignments,” Oper. Res., vol. 15, pp. 537–542, 1967.

K. R. MacCrimmon, “Decision making among multiple–attribute alternatives: A Survey and Consolidated Approach,” Arpa Order, vol. 189, no. 1. p. RM-4823-ARPA, 1968.

F. A. Hermawati, Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

B. Santoso, Data Mining Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.3.2019.131-139

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241