USABILITY TESTING PADA EVALUASI WEB EGRADUATION UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Sharazita Dyah Anggita

Sari


Kemajuan teknologi tak pernah lepas dengan teknologi informasi. Pada sebuah perguruan tinggi , teknologi informasi memiliki peran yang cukup besar dalam proses bisnisnya. Perencenaan dan implementasi sistem yang baik pada sebuah teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk dapat menyeimbangkan investasi yang telah dikeluarkan. Universitas AMIKOM Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta berbasis Information and Communication Technologies (ICT). Dalam mencapai tujuan visi dan misi Universitas, AMIKOM selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan stakeholder salah satunya dengan selalu mengupdate teknologi untuk meningkatkan kinerja. Bagian dari Universitas AMIKOM Yogyakarta yaitu Direktorat Bussiness Placement Center (BPC) dan Alumni sebagai pusat karir yang menjembatani kebutuhan informasi dunia kerja yang diperlukan oleh alumni salah satunya dengan media website Egraduation. Menurut Nielsen dan Loranger (2016) agar sebuah situs mampu bertahan hidup dan tidak ditinggal oleh penggunanya, perlu memperhatikan aspek Usability . Saat ini belum pernah dilakukan evaluasi pada website Egraduation, untuk itu perlu dilakukan evaluasi Usability pada situs Egraduation untuk dapat mengukur tingkat ketergunaan dan permasalahan yang dihadapi pengguna situs sebagai bahan evaluasi. Penelitian akan dilakukan dengan 5 faktor Usability Nielsen. Selain itu hasil penelitian ini juga akan mengukur pengaruh faktor usabilitas terhadap variabel yang terdapat pada penelitian.


Kata Kunci


Usability; Evaluasi; EGraduation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ngafifi M, 2014, Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya, 2014, Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi

Wardani, S and Puspitasari, M. 2014. “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Mengunakan Framework Cobit Dengan Model Maturity Level (Studi Kasus Fakultas ABC)”. Jurnal. Teknologi. volume 07. 38–46.

Freddy Paz dan Jose Antonio Pow-Sang. 2016. A Systematic Mapping Review of Usability Evaluation Methods for Software Development Process. International Journal of Software Engineering and Its Application Vo.10 No.1, pp. 166-178

Priyo Raharjo, Wisnu Ananta Kusuma, Heru Sukoco. 2016. Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Pada Situs Web Perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 15 No 1-2.

Surianti, Nur Ain Banyal, Syari Rukmana Wahab. 2017. Knowledge Management System Penyakit Sawit Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Usability Engineering. ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 9 Nomer 3 Desember 2017.

Konstantina Orfanou, Nikolaos Tselios, and Christos Katsanos. 2015. Perceived Usability Evaluation of Learning Management Systems : Empirical Evaluation of the System Usability Scale. International Review of Research in Open and Distributed Learning Volume 16, Number 2.

Wimmie Handiwidjojo, Lussy Ernawati. 2016. Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Infromasi Keuangan Studi Kasus : duta Wacana Internal Transaction (Duwit). JUISI Vol.02, No. 01, Februari 2016

Nielsen, J., & Loranger, H. (2006). Priortizing Web Usability. Berkeley: New Riders.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.11.3.2019.158-168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241