PENERAPAN METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT LEPTOSPIROSIS

Mikha Dayan Sinaga, Nita Sari Br. Sembiring, Charles Jhony Mantho Sianturi, Charles Jhony Mantho Sianturi

Sari


Leptospirosis merupakan penyakit endemis yang dapat menular dari hewan ke manusia. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat di daerah yang beriklim tropis. Manusia dapat terjangkit oleh penyakit ini melalui kontak dengan urine hewan pengerat yang telah terinfeksi oleh bakteri leptospira, atau melalui kontak dengan air, tanah atau makanan yang terlah terkontaminasi oleh bakteri leptospira. Kondisi lingkungan yang kurang bersih dapat mempercepat penyebaran penyakit ini. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit leptospirosis juga memiliki kemiripan dengan gejala-gejala dari penyakit lain seperti diare, batuk dan demam. Hal ini dapat membuat penyakit ini susah untuk didiagnosa. Peneliti menggunakan metode fuzzy tsukamoto untuk melakukan diagnosa terhadap penyakit leptospirosis. Metode fuzzy tsukamoto dipilih karena dianggap mampu untuk melakukan penelusuran terhadap suatu penyakit melalui gejala-gejala yang telah dimuat dalam suatu basis aturan. Metode fuzzy tsukamoto juga dapat melakukan perhitungan nilai kepastian dari setiap penelusuran yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya suatu mesin inferensi yang dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit leptospirosis.

Kata Kunci


Mesin Inferensi; Fuzzy Tsukamoto; Sistem Pakar; Leptospirosis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, LukmanZulkifli. (2016). Leptospirosis. CDK-243/ vol. 43 no. 8.

Widjajanti, W. (2019). Epidemiologi, diagnosis, dan pencegahan Leptospirosis. JHECDs: Journal of Health Epidemiology and Communicable Diseases, 5(2), 62-68.

Widoyono, M. P. H. (2008). Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya. Jakarta: Erlangga.

Marbawati, D., Harilsmanto, H., & Pramestuti, N. (2016). Characteristic of Rats as Reservoirs of Leptospirosis. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 10(1), 69-74.

Romeo Mark A. Mateo and Jaewan Lee. (2008). Healthcare Expert System based on Group Cooperation Model. International Journal of Software Engineering and Its Application Vol. 2, No. 1.

Wenny Widiastuti, Dini Destiani, Dhami Johar Damiri. (2012). Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Dini Pada Penyakit Tuberkulosis. Jurnal Algoritma. Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Kurniati, N. I., El Akbar, R. R., & Wijaksono, P. (2019). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Autisme Pada Anak. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 1(1).

Ramadhani, T., & Yunianto, B. (2012). Reservoir dan Kasus Leptospirosis di Wilayah Kejadian Luar Biasa. Kesmas: National Public Health Journal, 7(4), 162-168.

Okatini, M., Purwana, R., & Djaja, I. M. (2007). Hubungan faktor lingkungan dan karakteristik individu terhadap kejadian penyakit leptospirosis di Jakarta, 2003-2005. Journal Makara, 11(1), 17-24.

Ramadhani, T., & Yunianto, B. (2010). Kondisi Lingkungan Pemukiman yang Tidak Sehat Berisiko terhadap Kejadian Leptospirosis (Studikasus di Kota Semarang). Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 20(3), 152387.

Gusti Ayu, K.T, Rosa Delima dan Umi Proboyekti (2009). “Penerapan forward chaining pada program diagnosa anak penderita autisme”. Universitas duta wacana. Yogyakarta.

Andi. 2009. “Pengembangan Sistem Pakar Dengan Visual Basic” Yogyakarta: Andi.

Siswanto (2010). “Kecerdasan Tiruan”. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maryaningsih, M., Siswanto, S., & Mesterjon, M. (2013). Metode Logika Fuzzy Tsukamoto Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa. Media Infotama, 9(1), 150752.

Pujiyanta, A., & Pujiantoro, A. (2013). Sistem Pakar Penentuan Jenis Penyakit Hati Dengan Metode Inferensi Fuzzy Tsukamoto (Study Kasus Di RS PKU Muhammadiyah YOGYAKARTA). Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 6(1), 104040.

Falatehan, A. I., Hidayat, N., & Brata, K. C. (2018). Sistem pakar diagnosis penyakit hati menggunakan metode fuzzy tsukamoto berbasis android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.98-106

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241