PENERAPAN ALGORITMA GREEDY UNTUK MENENTUKAN RUTE TERPENDEK ANTAR KLINIK GIGI

Muhammad Furqan, Yusuf Ramadhan Nasution, Taing Sapitri Nurdianti

Sari


Kesehatan gigi dan mulut adalah indikator kesehatan masyarakat. Adanya masalah kesehatan pada gigi dan mulut menyebabkan penurunan fungsi kesehatan individu. Masalah kesehatan gigi dan mulut disebabkan oleh kebiasaan seseorang menyikat gigi secara tidak teratur. Banyak pilihan yang dapat dibuat untuk sampai ke lokasi di mana klinik gigi terdekat diinginkan, tetapi ada keadaan di mana klinik gigi yang direncanakan tidak buka. Oleh karena itu dibutuhkan rute terpendek untuk sampai ke klinik gigi lain. Data dalam bentuk jarak, waktu dan rute untuk sampai ke klinik gigi yang diinginkan diambil dari peta Google, dengan total 10 simpul untuk diterapkan ke peta (maps). Untuk hasil peta, sebuah algoritma digunakan, dalam hal ini algoritma Greedy digunakan untuk memecahkan masalah menemukan rute terpendek. Berdasarkan hasil penelitian dari klinik gigi terdekat dengan titik awal yang dicari menggunakan algoritma Greedy itu menghasilkan total jarak, waktu perjalanan dan titik yang dilalui.


Kata Kunci


Google Maps; Algoritma Greedy; MySQL; Klinik Gigi; Android Mobile

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, S., Nugroho, I., & Lestariningsih, E. (2015). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Mobile Semarang Guidance Pada Android. Dinamik, 20(2), 243541.

Budiono, Y., & Santoso, H. B. (2016). Sistem Informasi Klinik Gigi Berbasis Web. Eksis, 09(01), 13–19.

Fithaloka, Dhea. (2017). Perbandingan Algoritma Greedy Dan Hill Climbing Untuk Menentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Fktp) Terdekat Bagi Peserta Bpjs Kesehatan.

Fitriyani, R. E. (2018). Analisa Pencarian Rute Tercepat Menuju Telaga Sarangan Menggunakan Algoritma Greedy. 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31227/osf.io/7upkr

Furqan, Mhd. (2019). Algoritma Hibrida Metode Heuristik Dan Eksak Untuk Menyelesaikan Persoalan Mixed Integer Nonliniar Programming Berskala Besar.

Hartanto, A. D., Mandala, A. S., P.L., D. R., Aminudin, S., & Yudirianto, A. (2019). Implementasi Algoritma Dijkstra Pada Game Pacman. CCIT Journal, 12(2), 170–176. https://doi.org/10.33050/ccit.v12i2.687

Hayati, E. N., & Yohanes, A. (2014). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Greedy. Seminar Nasional IENACO, 2337–4349.

Ichan, Chayatul. (2018). Aplikasi Android Pencarian Mikrolet Kota Surabaya Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra.Teknik Informatika, Fakultas Teknik, 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Mahendra, Y. D., Nuryanto, N., & Burhanuddin, A. (2019). Sistem Penentuan Jarak Terdekat Dalam Pengiriman Darah Di Pmi Kota Semarang Dengan Metode Algoritma Greedy. Jurnal Komtika, 2(2), 136–142. https://doi.org/10.31603/komtika.v2i2.2601

Maulana, G. G. (2017). Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. Jurnal Teknik Mesin, 6(2), 8. https://doi.org/10.22441/jtm.v6i2.1183

Nasution, Y. R. (2018). Penerapan Aplikasi Online Angket Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Uin Sumatera Utara Medan. JISTech, 3(2), 20–35. https://doi.org/10.30829/jistech.v3i2.3158

Harahap, N. F. (2017). Perbandingan Algoritma L-Deque Dan Algoritma Greedy Dalam Menentukan Rute Tependek Antar Tempat Wisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Nurul Fitria Insani. (n.d.). Perancangan Aplikasi Pencarian Hotel Kota Bandung Jurnal.

Oktaviana, S., & Naufal, A. (2017). Algoritma Greedy untuk Optimalisasi Ruangan dalam Penyusunan Jadwal Perkuliahan. Multinetics, 3(1), 54. https://doi.org/10.32722/multinetics.vol3.no.1.2017.pp.54-59

Prabowo, indra jaya krisna gede prabowo, Setiawan, A., & Prakoso, sabdo teguh. (2013). Pengembangan sistem mobile journal berbasis android untuk referensi belajar mahasiswa di lingkungan fakultas ekonomi uny. Fakultas Pendidikan Dan Manajemen, 1–3.

Ripai, I. (2017). Rancangan Bangn Media Pembelajaran Menggunakan Android Untuk Mata Kuliah Pemrograman Internet Menggunakan Magazine App Marker. Jurnal ICT Learning, 3(1), 1–6.

Rismayani, R., & Ardimansyah, A. (2015). Aplikasi Berbasis Mobile untuk Pencarian Rute Angkutan Umum Kota Makassar Menggunakan Algoritma Depth First Search. Pekommas, 18(3), 171–180. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180303

Sabaruddin, R. (2016). Solusi Optimum Minmax 0/1 Knapsack Menggunakan Algoritma Greedy. Jurnal Evolusi, 23(45), 5–24.

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Jurnal ULTIMA InfoSys, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.31937/si.v8i1.554

Wulandari, Syindy. (2018). Perbandingan Algoritma Brute-Force dan Algoritma A* untuk Mencari Rute Terpendek Antar Klinik Kecantikan di Kota Medan No Title.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.3.2020.170-178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241