PENENTUAN POLA PENJUALAN KIPAS KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITM APRIORI

Silvia Lestari, Wanayumini Wanayumini, Roslina Roslina

Sari


Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui pola penjualan kipas kapal pada PT.XYZ berdasarkan hasil penjualan yang dilakukan setiap harinya. Penelitian ini akan menginformasikan kepada perusahaan barang apa saja yang sering terjual secara bersamaan dan membantu perusahaan untuk menyusun strategi dan solusi untuk kipas kapal yang sedikit terjual. Data Mining merupakan proses pencarian data, penggalian informasi serta pengetahuan yang berasal dari data yang besar yang disebut sebagai Knowledge Discovery in Database disingkat KDD. Penggunaan metode data mining sangat banyak di pergunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dimana diantaranya dengan menerapkan algoritma Apriori yang dapat mempermudah pemilik usaha dalam mendapatkan suatu pola penjualan. Diharapkan dengan menerapkan algoritma apriori dapat mengetahui pola penjualan kipas kapal pada PT. XYZ.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.13.2.2021.109-117

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241