Sistem Rekomendasi Pembelian Barang Pada Toko Bangunan Menggunakan Fuzzy Tsukamoto

July Kurniawan, Hanny Haryanto

Sari


Bisnis ritel mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama di Indonesia.Salah satunya adalah toko bangunan yang belum menerapkan teknologi dan masih bersifat manual.Di era serba modern ini konsumen membutuhkan jual beli secara efektif dan cepat maka diperlukan sistem untuk membantu dalam mengatasi permasalahan dalam hal rekomendasikan barang berdasarkan kebutuhan konsumen. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menentukan kebutuhan konsumen untuk merekomendasikan barang yang dibutuhkan konsumen. Sistem ini akan lebih menyederhanakan proses-proses tersebut, dengan memanfaatkan teknologi informatika fuzzy logic tsukamoto. Sehingga diharapkan kebutuhan konsumen akan lebih cepat dan akurat dalam merekomendasikan barang. Penelitian ini menguraikan apa saja yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang selama ini dialami oleh konsumen dengan minimnya informasi. Hasil rekomendasi dari penelitian ini adalah berupa persentase barang yang mengacu dari hasil prediksi yang telah diteliti sebelumnya.


Kata Kunci


Toko Bangunan; Perilaku Konsumen; Fuzzy logic; Tsukamoto; Sistem Rekomendasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Natalia,L.,2011, Analisis Faktor Persepsi yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja pada Giant Hypermarket Bekasi,Jurnal Skripsi Jurusan Manajemen,hal 1–11.

Djunaidi,M.,2011,Penentuan Jumlah Produksi Dengan Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani,Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 4, No. 2, hal 95–104.

Pinandita,T., 2012,Prediksi Tingkat Kompetensi Profesional Pendidik Menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Tsukamoto ( Predictionof the Level of Professional Teachers

Competence Using Fuzzy Inference System Tsukamoto Method ),Jurnal Informatika, Vol. II, hal 93–98.

DM,Sukandy., AT,Basuki., & Puspasari,S., 2010,Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Minyak Sawit Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Permintaan ( Studi Kasus Pt Perkebunan Mitra Ogan Baturaja ),hal 1–9.

Mariyansari,N.,A,Fariza.,Basuki,DK.,Estimasi Penjualan Suku Cadang Mobil Menggunakan Fuzzy Sugeno, https://core.ac.uk/download/files/476/12342970.pdf, Diakses tahun 2014.

Istraniady, A, Priko.,Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Tsukamoto Dan Metode Fuzzy, http://eprints.mdp.ac.id/897/1/JURNAL%202010250018%20ISTRANIADY%20DAN%202010250019%20PRIKO%20ANDRIAN.pdf, Diakses tahun 2014.

Wahid,A,A.,Ikhwana, A.,2012 ,Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Pemesanan Barang, Jurnal Algo,Vol.9,No.2,hal 1–8.

Mulyono,M.,Implementasi Logika Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Harga Mobil Toyota Avanza 1 . 3 G M / T Bekas, http://www.arduino.cc/en/Main/arduinoBoardMega2560, Diakses 7 April 2015.

Kotler, Philip.,2013,Manajemen Pemasaran, Erlangga,Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.8.1.2016.37-49

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241