PEMILIHAN APLIKASI MEETING ONLINE MENGGUNAKAN METODE TOPSIS
Maulia Rahman, Dedi Leman
Sari
Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat dunia khususnya di bidang pendidikan. Adanya pembelajaran online menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk mengurangi dampak virus yang terjadi. Hal ini tentu saja mengubah arah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Penggunaan aplikasi pertemuan online menjadi salah satu pilihan yang memberikan banyak kemudahan bagi siswa dan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran tanpa harus berada di kelas. Berbagai jenis aplikasi dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tren penggunaan aplikasi meeting online untuk belajar selama periode covid 19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS. Penggunaan aplikasi ini sangat membantu dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Secara keseluruhan ada isu terkini yang semakin tinggi serta memberikan dampak terhadap penggunaan software meeting online dalam menuntaskan persoalan pembelajaran di masa yang akan datang. Metode TOPSIS ialah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang memilki sebuah konsep dimana alternatif yang terpilih ialah alternatif terbaik yang mempunyai jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Metode TOPSIS bisa memberikan urutan terbaik yang akan membentuk kriteria serta alternatif dengan bobot nilai tertinggi. Penelitian dilakukan sesuai atas kriteria fitur perangkat lunak, kemudahan pemakaian, durasi waktu, serta keamanan perangkat lunak. Hasilnya untuk alternatif menggunakan dengan prioritas utama ialah perangkat lunak Zoom yang mendapat nilai tertinggi