PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENDUKUNG PENJULAN DI KAMPOES COFFEE

Fauzul Azmal Sirait, Alfa Saleh, Ria Eka Sari, Helmi Kurniawan

Sari


Augmented Reality (AR) merupakan suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini akan memasukkan teknologi AR kedalam daftar menu kampoes coffee, sehingga daftar menu ini menjadi lebih real dengan adanya objek 3D pada menu. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi AR ini memerlukan video Streiming yang diambil dari kamera Smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mandeteksi marker ( penanda ) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, objek menu 3D pada katalog akan muncul diatas marker seolah-olah objek menu tersebut nyata. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan terjadi peningkatan minat pembeli terhadap menu yang ditawarkan oleh pelayan di kafe kampoes coffee.

Kata Kunci


augmented reality;C#; vuforia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam. (2014). Implementasi Teknologi Augmented Realitypada Agen Penjulan Rumah. Retrieved November 15, 2019, from download.portalgaruda.org /article.php?article=262898&val=1028title=Implementasi%20Teknologi%20Augmented%20Reality%20pada%20Agen%20Penjualan%20Rumah

Andre Kurniawan Pamoedji. (2017). “Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D.” Jakarta: Gramedia. 32-47

Bestian Nur Affan dan Ardiansyah. (2015). Pembangunan Aplikasi E-Menu Pada Restoran Berbasis Android. Retrieved November 15, 2019, from http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/3068

Debbie Defrina dan Dewi Putrie Lestari. (2017). Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Online Berbasis Mobile Browser Pada Restoran Tiga Saudara. Retrieved November 15, 2019, from https://ejournal.gunadarma .ac.id/index.php/infokom/article/view/1736/1495

Joshua Christy. (2016). Implementasi Augmented Reality Dalam Pemilihan Menu Makanan Dan Minuman Sesuai Selera Pemesan. Retrieved November 15, 2019, from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/56545

Mustika. (2015). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Retrieved November 15, 2019, from http://ojs.amikom.ac.id /index.php/citec/article/download/381/361

Muhammad Rifai’I. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android. Retrieved November 15, 2019, from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/154

Muntahanah. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus PT. Jashando Han Saputra). Retrieved November 15, 2019, from https://media.neliti.com /media/ publications/126870-ID-penerapan-teknologi-augmented-reality-pa.pdf

Ni Putu Yunita Susandi Putri. (2015). Pengembangan Aplikasi Buku Menu Rumah Makan Bebek Tepi Sawah Berbasis Augmented Reality. Retrieved November 15, 2019, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /KP/article/view/6527/4475.

Rima Rizqi Wijayanti. (2018). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Interaktif Untuk Katalog Food And Beverage Pada Hokcafe. Retrieved November 15, 2019, from http://jurnal.umt.ac.id/index.php /jika/article/download/1519/971

Sri Lestari Rahayu. (2016). Rancang Bangun Augmented Reality Pada Data Menu Restoran. Retrieved November 15, 2019, from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/101/84




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.13.3a.2021.425-434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241