VISUALISASI DESAIN RUMAH PADA PT. FUJIYAMA

Rita Novita Sari, Ema Utami, Andi Sunyoto

Sari


Proses pembangunan rumah tidak lepas dari hambatan dalam perencanaan pembuatan. Ketika seorang pengguna ingin membangun rumah, perencanaan pembuatan yang harus diperhatikan adalah lokasi dan desain rumah. Pengguna hanya dapat melihat desain rumah melalui katalog rumah pada PT. Fujiyama. Informasi yang ditampilkan pada katalog tidak cukup memberikan informasi atau gambaran desain rumah kepada pengguna. Untuk itu penulis menggabungkan teknologi Mobile Augmented reality dengan pendekatan Interactive Multimedia System Design Of Development (IMSDD) untuk dapat memvisualisasikan desain rumah dengan lebih real. Dengan menggunakan metode ini mampu mampu menampilkan objek 3D rumah dengan berbasis augmented reality. Aplikasi ini dapat berjalan pada mobile android, dimana aplikasi ini dapat mendeteksi penanda sehingga akan muncul desain objek 3D rumah pada katalog. Berdasarkan hasil evaluasi yang dari pengujian ditemukan bahwa pada aplikasi ini terdapat kelemahan pada yaitu flexibility and efficiency of use, error prevention dan hasil pengujian lainnya bahwa objek yang ditampilkan berbeda – beda berdasrakan dari jarak antara kamera dengan penanda.


Kata Kunci


Mobile Augmented Reality; IMSDD; Heuristik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S,. Sanni, 2012, theory and applications of marker-based augmented reality, VTT, Finland

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

A., Adhe Wahyu., P., T. Arie Setiawan, dan S., Ramos., 2014, Aplikasi Dsain Denah Perumahan dengan Teknologi Augmented Reality pada Mobile Phone berbasis Androis OS, Jurnal Teknologi Informasi-Aiti. Vol. 11. No. 1. Februari 2014 : 1-109

Adam, Sutrisno, Lumenta, Arie S. M, Robot, Jimmy R Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Agen Penjualan Rumah, E-journal Teknik Elektro dan Komputer (2014), ISSN 2301-8402

M., Fenty E, Rayi Pradono I, Dewi Nurochmah, Implementasi Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Siswa Kelas 5 Sd Budi Luhur Pondok Aren, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014(Semantik 2014) ISBN: 979-26-0276-3 Semarang, 15 November 2014

Rentor, Mario Fernando, 2013, Rancang Bangun Perangkat Lunak Pengenalan Motif Batik Berbasis Augmented Reality. S2 thesis, UAJY.

Rifa’i., M., L, Tri, dan L, Anastasya,. 2014, Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Katalog Rumah Berbasis Andorid, Prosiding SNATIF Ke -1 Tahun 2014, ISBN : 978-602 -1180-04-4

Svitri, Peti,. M. Ispani, 2015, REVIEW DESAIN INTERFACE APLIKASI SOPPPOS MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIK, Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No 1 April 2015 ISSN: 2252-4983




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/csrid.8.2.2016.131-144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INDEXED BY:

         Image result for icon mendeley

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

CSRID Journal Editor's Office:

Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241