Komentar Pembaca

Kotak Perhiasan Bunga Art Nouveau Diproduksi di Amerika

oleh Travel Juanda (2019-07-08)


Sebelum Revolusi Industri (1750), hampir semua pekerjaan dilakukan dengan alat-alat tangan. Banyak teknologi baru yang dikembangkan selama abad ke-18 dan 19 menyebabkan perubahan dramatis. Mekanisasi, transportasi, dan komunikasi yang lebih baik telah mengubah dunia Barat - Eropa dan Amerika - dari terutama agraris menjadi masyarakat industri. Ini memiliki efek mendalam pada estetika juga. Perubahan dalam pemikiran dari desain "utilitarian" dan "bertujuan" menjadi "dekoratif" adalah salah satu hasil yang tetap ada pada kita saat ini.

Amerika pada akhir 1800-an dan awal 1900-an adalah waktu yang menyenangkan. Itu melihat metode produksi massal, kelas menengah yang tumbuh dengan dana pilihan yang tersedia, dan permintaan yang meningkat untuk produk. Pembuatan katalog pesanan melalui surat seperti Marshall Field, Sears, Roebuck and Company, Montgomery Ward, Macy's, dan banyak lainnya memenuhi kebutuhan ini. Untuk pertama kalinya, wanita kelas menengah Amerika itu dapat membeli, dengan harga terjangkau, busana dan barang-barang indah yang sebelumnya hanya tersedia untuk "para wanita besar".

Salah satu barang ini, yang selalu penting bagi seorang wanita, adalah kotak perhiasan - yang lebih populer disebut Kotak Permata - gudang penyimpanan perhiasan dan kenangannya yang paling berharga. Ketika sebelumnya, setiap wadah perhiasan telah dibuat dengan tangan oleh satu tukang logam, sekarang kreasi logam cor paling menyenangkan diproduksi dalam banyak desain dan tersedia (karena metode produksi massal baru) untuk setiap wanita di gunung gilead Amerika! Pertumbuhan popularitas kotak perhiasan "Seni Logam" ini (juga disebut kotak perhiasan dan peti mati) paralel dengan pertumbuhan belanja dari katalog. Kotak perhiasan dipromosikan sebagai "hadiah mungil untuk Milady" atau "kotak perhiasan M'lady," dan dibuat dalam ukuran mulai dari kotak cincin terkecil hingga kotak saputangan dan sarung tangan yang sangat besar.

Art Nouveau adalah gaya desain utama di Amerika Serikat antara tahun 1900 dan 1910. Art Nouveau adalah istilah Prancis yang berarti "seni baru" yang diciptakan oleh Maison de l'Art Nouveau, sebuah galeri Paris yang dibuka pada tahun 1895. Ini romantis gaya, dipengaruhi oleh bentuk-bentuk seni Jepang, dengan banyak motif yang diambil dari alam - bunga, wanita, burung, dan tanaman merambat - dan dikenali oleh kurva "whiplash" dan elemen asimetris. Dari kotak perhiasan Art Nouveau yang diproduksi di Amerika Serikat, yang dengan motif bunga berlimpah.

Mawar dan bunga poppy adalah yang paling populer, dan ada banyak interpretasi dari dua bunga ini di kotak perhiasan. Aster, cengkeh empat daun, lily lembah, lili tambak, anggur, violet, anyelir, holly, dan segudang bunga lainnya juga menghiasi kotak perhiasan. Ini mungkin disebabkan, sebagian, pada Periode Victoria yang belum lama berlalu (1880-1900), ketika "signifikansi bunga" memiliki peran yang begitu penting.

Orang-orang Victoria terkenal karena mengomunikasikan sentimen mereka melalui bunga - begitu banyak, sehingga sentimen khusus ditugaskan untuk berbagai macam bunga dan tanaman menciptakan "bahasa" semuanya sendiri. Seluruh percakapan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan karangan bunga. Ini cocok dengan keprihatinan Victoria untuk detail, dan banyak buku telah ditulis tentang hal ini. Bahkan Ensiklopedia Informasi Sosial dan Komersial Collier, yang diterbitkan pada tahun 1883, memuat seluruh bab tentang "Bahasa Bunga," yang menjelaskan bunga mana yang berbicara atas nama setiap sentimen.

Kontributor kedua dan penting untuk pentingnya motif bunga adalah konsep "Bunga Bulan", dipromosikan oleh perhiasan dan perdagangan terkait selama awal 1900-an. Motif bunga selalu muncul pada sendok garpu, perhiasan, dan benda logam seperti kotak perhiasan. Didorong oleh keinginan masyarakat untuk lebih banyak benda dekoratif, industri perhiasan telah meningkatkan metode produksi, distribusi dan pemasaran. Sedikit demi sedikit, peran bunga sebagai motif dekoratif menjadi tema sentral. Produsen menugaskan bunga tertentu untuk bulan kelahiran. Jadi kami menemukan kotak perhiasan juga, dihiasi dengan mawar untuk cinta (Juni), anyelir untuk kekaguman (Februari), dan holly untuk tinjauan ke depan (Desember).

Kotak perhiasan Art Nouveau sama indahnya dengan di dalamnya. Semua kotak perhiasan berjejer. Lapisan yang paling umum adalah sutra halus, faille, jacquard, dan satin. Sutra selalu dihargai sebagai serat yang berharga dan mewah. Penampilannya yang berkilau tak henti-hentinya menangkap kemewahan para wanita sepanjang sejarah. Pada abad ke-20, Amerika adalah importir utama sutra dari Jepang dan Cina. Karena sutera mudah diwarnai, ia tersedia dalam pelangi warna, meskipun biasanya warna yang sangat pucat, merah muda, hijau, dan biru, digunakan dalam kotak perhiasan. Lapisan biasanya dipangkas dengan cording sutra memutar halus.

Selama awal 1900-an, ada banyak pabrikan Amerika yang memproduksi barang-barang logam seni - kotak perhiasan menjadi salah satu barang paling populer. Banyak dari produsen ini telah lama berlalu dalam sejarah tetapi satu, Rogers Brothers, masih ada sampai sekarang. Ada beberapa saudara "Rogers" dalam bisnis pada pergantian abad ini, dan namanya mendapat pengakuan nasional, sebagian besar, oleh distribusi luas katalog pesanan melalui pos. Nama itu menjadi begitu populer sehingga perusahaan lain mencoba untuk mengadopsinya, dan banyak tuntutan hukum. Keluarga Rogers asli terutama dikaitkan dengan sendok garpu, tetapi satu saudara lelaki, N. Burton Rogers, memelihara perusahaan logam seninya sendiri dan memproduksi banyak kotak perhiasan Art Nouveau.

Pembuat kotak perhiasan Amerika lainnya adalah The (M.S.) Benedict Mfg. Co, Jennings Brothers Mfg Co. (J.B.), Kronheimer & Oldenbusch Co. (K&O), Weidlich Brothers Mfg.Co. (W.B.Mfg Co), Brainard & Wilson Corp (B&W). Perusahaan-perusahaan ini menghasilkan seluruh "garis" kotak perhiasan, serta barang-barang dekoratif logam seni lainnya seperti jam, lilin, patung, dan sebagainya. Semua perusahaan ini juga "menandatangani" atau "merek dagang" banyak karya mereka (dengan inisial yang ditunjukkan di atas) dan, untuk alasan itu, kami dapat mengidentifikasi banyak dari pekerjaan mereka hari ini.

Pada 1915, popularitas kotak perhiasan logam seni ini telah mencapai puncaknya. Perang Dunia I menyebabkan produksi barang seni logam menjadi berkurang dan kelangsungan mode rusak. Bunga, daun, dan tanaman rambat Artisticveve yang naturalistik, namun interpretatif, telah menjadi hiasan bunga "konvensional ".1925 menyaksikan ujung virtual dari kotak perhiasan logam cor yang indah ini. Orang Amerika memiliki gaya dan bahan yang berbeda.

Untungnya bagi kita hari ini, kotak perhiasan Art Nouveau dapat ditemukan hampir di mana-mana - jika Anda perhatikan dengan seksama - toko barang antik, mal, pameran barang antik, internet, toko penjualan kembali, bahkan penjualan garasi, meskipun jarang. Karena kotak perhiasan, dalam beberapa hal, belum "tidak dikenali" oleh masyarakat umum sebagai barang antik yang bernilai koleksi, mereka sering diberi label yang salah, harga salah, dan salah dicoba. Harga berkisar dari $ 20- $ 700 masing-masing. Kotak perhiasan Nouveau seni logam tampaknya menjadi salah satu "rahasia yang disimpan dengan baik," karena sebenarnya ada banyak kolektor serius di Amerika Serikat dan di tempat lain - beberapa dengan koleksi sebanyak 600 kotak!

Joanne Wiertella adalah kolektor utama kotak perhiasan antik Amerika. Setelah penemuan pertamanya hampir 20 tahun yang lalu, ia mengembangkan hasrat untuk mengumpulkan mereka, dan kemudian mulai meneliti asal-usul mereka. Dia baru-baru ini menerbitkan sebuah buku tentang hal-hal baru seni Amerika yang indah ini yang menggambarkan koleksi 500+ Jewel Boxes.