Komentar Pembaca

Terimakasih Pak

oleh Abu Ubaidillah (2020-04-10)


Pemikiran gila Bob Sadino kerap memengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya yang out of the box dan kerap terdengar nyeleneh seringkali tidak bisa di menerima oleh akal sehat orang kebanyakan.

Seperti yang kami tahu, Bob Sadino (alm) adalah tidak benar satu pebisnis sukses di Indonesia. Ia dikenal pas usaha telur ayam negeri mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Bob Sadino membawa beberapa bisnis, diantaranya adalah usaha bahan pangan olahan, usaha sayur bersama proses hidroponik, usaha biro perjalanan wisata, hingga usaha supermarket.



Namun semua kesuksesan bisnisnya tidak berjalan begitu saja. Bahkan pernah ia pernah mengalami keterpurukan dalam mobilisasi usahanya. Menurut Bob Sadino, pemikirannya sepanjang ini lah yang membuatnya bangkit berasal dari keterpurukan dan sukses berbisnis.

Berikut ini adalah 5 anggapan gila Bob Sadino yang bisa memotivasi Anda untuk sukses di era depan:

Daftar Isi
1. Jangan Banyak Rencana, Karena Rencana adalah Bencana
Pemikiran ini pasti amat bertolak belakang bersama kebanyakan pebisnis yang kebanyakan senang jalankan rencana secara matang. Menurut Bob Sadino, membawa pengaruh rencana yang masak adalah suatu perihal yang bisa jadi bencana.

Ia menulis dalam buku yang berjudul “Mereka Bilang Saya Gila”, di buku selanjutnya Bob Sadino menyebutkan bahwa rencana cuma berlaku bagi seseorang yang studi pengetahuan manajemen. Dalam dunia usaha tidak tersedia layaknya itu, sebuah usaha tidak barangkali bisa lurus sama layaknya yang direncanakan.

Lebih lanjut, Bob Sadino termasuk menyebutkan bahwa sepak terjangnya di usaha peternakan ayam pun bisa sukses bukan gara-gara direncanakannya.

Artikel lain: Bob Sadino Meninggal Dunia, Ini “Warisannya” untuk Pebisnis Indonesia



2. Pemikiran Gila Bob Sadino “Carilah Kegagalan dan Kerugian”

Tentunya semua orang tidak berharap menerima kegagalan maupun kerugian, dan pasti berusaha keras untuk menghindarinya. Tapi tidak sama bersama Bob Sadino, ia justru berikan wejangan untuk melacak kegagalan dan kerugian.


Di dalam buku berjudul “Belajar Goblok berasal dari Bob Sadino”, ia menyebutkan bahwa kebanyakan pebisnis berpikir linear: jikalau berkenan usaha berarti perlu untung supaya berhasil. Faktanya, pas mobilisasi usaha seringkali pebisnis justru mengalami kerugian dan kegagalan.

Itulah alasan mengapa ia berikan wejangan untuk melacak kegagalan dan kerugian. Bagi Bob Sadino sebuah kesuksesan dalam usaha adalah sebuah titik puncak berasal dari sekian banyak kegagalan yang udah dialami.

3. Jangan Kebanyakan Analisis
Hampir sama bersama poin nomor #2 “Recana adalah Bencana”, menurut Bob Sadino tidak perlu jalankan banyak anggapan jikalau berkenan sukses. Alasannya, seringkali orang yang jalankan anggapan justru membuatnya fokus pada hal-hal negatif.

Analisis membawa pengaruh seseorang berpikir perihal perihal tidak baik yang bisa berjalan pada sebuah bisnis. Hal ini sehabis itu dapat membawa pengaruh orang selanjutnya jadi susah melangkah. Menurut Bob Sadino, lebih baik segera melakukan tindakan dan mengawali usaha Anda, dan cetak keuntungan tiap tiap bulannya.

4. Orang Bodoh Jadi Bos
Ini adalah anggapan gila Bob Sadino yang barangkali tidak masuk akal bagi kebanyakan orang. Anda barangkali udah paham tidak benar satu kutipan kalimat Bob Sadino yang nyentrik ini, “Setinggi apa pun pangkat yang dimiliki, Anda selalu seorang pegawai. Sekecil apa pun usaha yang Anda punya, Anda adalah bossnya.”

Pemikiran inilah yang mengawali ketetapan Bob Sadino untuk kembali ke tanah air sehabis sekian lama jadi karyawan di Amsterdam dan Hamburg. Orang yang dianggap bodoh sebenarnya perlu membawa pengaruh usaha sendiri gara-gara ia selalu tidak di terima oleh banyak variasi macam pekerjaan.

Namun, untuk mengembangkan usahanya, udah pasti orang yang dianggap bodoh tadi perlu orang pintar untuk membantunya. Hal ini amat cocok bersama yang berjalan pada diri Jack Ma, berkali-kali tidak di terima di dunia kerja gara-gara dianggap tidak kompeten, justru selanjutnya ia sukses jadi seorang pebisnis dan membangun Alibaba.com.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil

5. Menjadi Peka Berkat Jalanan
Selama bertahun-tahun Bob Sadino “hidup di jalanan” dan melihat banyak variasi perihal yang terjalin bersama dunia wirausaha. Hal ini membuatnya jadi lebih peka dalam melihat banyak variasi peluang usaha yang tersedia di sekitarnya.

Menurut Bob Sadino, riwayat pendidikan seseorang bukanlah suatu perihal yang perlu diagungkan. Menurutnya, privat yang pintar condong cuma dapat banyak berkata tanpa bisa jalankan apa yang diucapkannya, terutama dalam dunia wirausaha.

Meskipun Bob Sadino udah meninggal, tersedia banyak pelajaran dan inspirasi yang bisa kami dapatkan berasal dari sosok nyentrik ini. Dan pasti saja Bob Sadino dapat terus menerus dikenang bukan cuma gara-gara kesuksesannya dalam membangun bisnis, tapi gara-gara pemikiran-pemikiran yang out of the box. Semoga menginspirasi.

https://elektrokonstruksi.blogspot.com
https://indopulsaelektronik.blogspot.com
https://reismaalmubarokh.blogspot.com
https://avilovinformatic.blogspot.com
https://blog-light23.blogspot.com
https://articlesnew4u.blogspot.com
https://icebwzeer.blogspot.com
https://ickom.blogspot.com
https://lubangkakus.blogspot.com
https://carabisnisinternetmenghasilkanuang.blogspot.com