Komentar Pembaca

Jarak Aman Saat Pandemi Corona Jika Bepergian

oleh bali hams baliham ade (2020-04-18)


<a href="https://herbaltv.co.id/">Informasi Kesehatan</a> Epidemi Covid-19 mewajibkan kita untuk diam diri di dalam rumah. Mengaplikasikan physical distancing juga jadi salah satunya langkah efisien membuat perlindungan diri dari paparan virus corona SARS-CoV-2.

Namun, sebagian orang kemungkinan harus tetap melancong ke luar rumah, seperti pekerja harian atau waktu Anda harus belanja keperluan dapur. Pada keadaan ini, jarak aman penting untuk diprediksikan supaya Anda dapat terhindar dari virus corona baru.

Berapakah jarak aman waktu keluar dari rumah ditengah-tengah epidemi corona? 
Menurut CDC serta seorang pakar pandemiologi di Temple University, 6 kaki (seputar 2 mtr.) dikatakan sebagai jarak aman minimum untuk turunkan efek penyebaran.

1. CDC: 2 mtr. jadi jarak aman minimum untuk turunkan efek penyebaran 
Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, kita harus dapat jaga jarak minimal 6 kaki untuk hindari paparan virus corona baru. 6 kaki sama dengan 1, 8288 mtr. atau dapat dibulatkan jadi 2 mtr..

Ini perlu diingat sebab virus bisa beralih lewat contact dekat sama seseorang, yaitu dalam jarak 6 kaki (2 mtr.). Efek penyebaran itu dapat bertambah dari droplet individu yang batuk serta bersin di dekat seseorang. Studi paling baru mengatakan virus corona baru dapat beralih dari orang tanpa ada tanda-tanda.

2. Opini dari pakar lain 
Hal seirama, tetapi dengan catatan, dikatakan oleh Krys Johnson yang disebut seorang pakar pandemiologi di Temple University Amerika Serikat. Sama yang diambil dari Live Science, Krys Johnson mengatakan jika standard 6 kaki (2 mtr.) dapat jadikan titik rujukan untuk memperhitungkan penyebaran, bukan penentu yang akan ‘benar-benar' membuat perlindungan kita.

Krys Johson mengatakan, 6 kaki (2 mtr.) itu adalah jarak aman yang baik waktu kita melalui seseorang di luar ruang – jika kita memang tidak dapat membuat jarak yang lebih jauh. Selain itu, waktu ada di ruang seperti di supermarket, 6 kaki itu adalah jarak yang benar-benar minimal.

Dari paparan ini, jika Anda dapat jaga jarak melewati 2 mtr., hal itu pasti semakin lebih baik.

Peningkatan Vaksin Corona Telah Sampai Mana? Ini Data Paling baru 
Apakah benar Rokok Bisa Tingkatkan Efek Infeksi Virus Corona? 
Panduan Menerangkan pada Anak Berkaitan Epidemi Corona 
Panduan aman waktu keluar dari rumah 
Kecuali jarak aman 2 mtr. waktu melancong di atas, Anda dapat juga mengaplikasikan prosedur keluar dari rumah untuk turunkan efek penyebaran Covid-19. Tubuh Nasional Pengendalian Musibah (BNPB) Indonesia sudah meluncurkan Prosedur Panduan Aman Waktu Keluar Rumah. Hal yang perlu jadi perhatian, yaitu:

Gunakan jaket atau pakaian lengan panjang 
Tak perlu menggunakan aksesories, seperti gelang, cincin, atau anting 
Gunakan masker 
Upayakan tidak untuk memakai angkutan umum 
Pakai tisu di jari untuk sentuh permukaan apa saja 
Aplikasikan norma batuk atau bersin yang benar, seperti memakai siku sisi dalam untuk tutup mulut 
Upayakan bertransaksi dengan uang non-tunai 
Selalu membersihkan tangan, atau pakai hand sanitizer sesudah sentuh benda serta permukaan apa saja 
Tidak sentuh muka sampai tangan betul-betul bersih 
Menjaga jarak aman dengan seseorang, yaitu minimum 2 mtr. menurut CDC 
Infografis keluar dari rumah corona 
Aplikasikan dasar menurut BNPB di atas jika Anda sangat terpaksa keluar dari rumah (sumber: instagram @sehatq_id) 
Prosedur bila masuk ke rumah sesudah melancong 
Setiap saat masuk ke rumah sesudah melancong, ada banyak prosedur yang perlu Anda lihat. BNPB meluncurkan prosedur masuk ke rumah dengan beberapa poin seperti berikut:

Jangan langsung sentuh apa saja 
Membuka sepatu sebelum masuk ke rumah 
Selekasnya terlepas baju serta masukan ke keranjang cucian 
Selekasnya mandi 
Bila tidak dapat mandi, yakinkan Anda membersihkan ruang kulit yang terkena udara luar (termasuk juga membersihkan tangan secara benar serta pas) 
Membersihkan smartphone serta kacamata (bila ada), memakai alkohol atau disinfektan 
Membersihkan permukaan atau benda yang dibawa di luar


Waktu melancong keluar dari rumah, Anda dapat jaga jarak aman 2 mtr. untuk turunkan efek penyebaran. Jika sangat mungkin, lebih dari 2 mtr. pasti semakin lebih baik. Tetapi, selanjutnya, diam di dalam rumah jadi langkah paling efisien membuat perlindungan diri serta seseorang dari virus corona. https://herbaltv.co.id/